TNI AL Berhasil Tangani Insiden Serangan Siber

TNI AL Berhasil Tangani Insiden Serangan Siber
TNI AL meraih peringkat pertama dalam latihan simulasi respon dan penanganan insiden secara efektif dan optimal dalam studi kasus berupa serangan siber dalam Cybersecurity Tabletop Exercise. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL meraih peringkat pertama dalam latihan simulasi respons dan penanganan insiden secara efektif dan optimal dalam studi kasus berupa serangan siber dalam Cybersecurity Tabletop Exercise di Aula dr Roebiono Kertopati BSSN, Depok, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

TNI AL yang diwakili Letkol laut (E) Satria Perdana dan Lettu Laut (E) Robby Wahyu Utama dari Satuan Siber TNI AL berhasil menjadi peringkat pertama dengan perolehan skor tertinggi yang dinilai dari aspek kepemimpinan, ketepatan prosedur, keefektifan penanganan, pembagian tugas yang jelas, dan kecepatan penanganan.

Keberhasilan ini sebagai wujud keberhasilan pembinaan personel Angkatan Laut sehingga bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang unggul dan profesional sesuai harapan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Skenario latihan terbagi menjadi 3 sesi dengan tiap sesi terdapat 3 injeksi persoalan studi kasus berupa serangan siber yang berbeda dan tiap tim diminta untuk melakukan simulasi respons penanganan insiden secara efektif dan optimal dengan waktu yang sangat terbatas.

TNI AL Berhasil Tangani Insiden Serangan Siber

BSSN memberikan penghargaan kepada TNI AL. Foto: Dispenal

Latihan yang digelar Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ini diikuti oleh TNI AD, TNI AU, Bais TNI dan DPD selama dua hari mulai 6 – 7 Juli 2022.

Secara keseluruhan latihan ini diikuti 95 Kementrian/Lembaga dan 282 peserta yang terbagi menjadi dua gelombang.

TNI AL meraih peringkat pertama dalam latihan simulasi respons dan penanganan insiden secara efektif dan optimal dalam studi kasus berupa serangan siber.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News