TNI AL dan Tentara Amerika Adu Cekatan Evakuasi Pakai Helikopter

TNI AL dan Tentara Amerika Adu Cekatan Evakuasi Pakai Helikopter
Dua Kapal perang TNI AL dan satu Kapal perang dari AL Amerika Serikat menggelar manuvet lapangan dalam rangkaian Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2018. Foto: Dispen Koarmada I

jpnn.com, SITUBONDO - Kecepatan dan ketangkasan sangat diperlukan ketika menangani prajurit TNI yang terluka di medan pertempuran.

Mengingat pentingnya evakuasi medis dengan helikopter, Korps Marinir TNI-AL menggelar latihan dengan United States Marine Corps (USMC).

Latihan bersama dengan sandi cooperation afloat readiness and training (CARAT) 2019 itu berlangsung di Karangtekok, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Sabtu (3/8).

BACA JUGA : Ryamizard Ryacudu: Setiap Anggota TNI Tidak Boleh Punya Ambisi Kekuasaan

 

Latihan bersama dua negara tersebut dipantau Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Letkol Marinir Arip Supriyadi MTrHanla, Perwira Interpreter Mayor Marinir Anton Waris Kuncoro, Pasiops Yonif 5 Mar Kapten Marinir Haris Tri Purnama, dan Pasi Intel Kapten Marinir Yudi Alhudi.

Latihan evakuasi udara itu melibatkan helikopter Bell 412 milik Skuadron 400 Wing Udara 2 Puspenerbal dengan pilot Kapten Laut (P) Rahmat Fetaro Hia dan kopilot Letda Laut (P) Dito Dewantoro.

Letkol Marinir Arip Supriyadi mengatakan, latihan evakuasi medis udara merupakan latihan yang menitikberatkan pada penanganan korban.

Prajurit TNI AL membawa korban menuju helikopter dan menyerahkan korban kepada kru helikopter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News