TNI AL dan U.S. Navy Pameran Pesawat Saat CARAT 2017

TNI AL dan U.S. Navy Pameran Pesawat Saat CARAT 2017
Pesawat P-3C Orion milik Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dipamerkan dalam CARAT 2017 dan TNI AL memamerkan Pesawat CN 235, Cassa CN 212 dan Helly Bell 412. Foto: Dispen Koarmatim

jpnn.com, SURABAYA - TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat (U.S Navy) memamerkan unsur-unsur udara yang terlibat latihan bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017 dalam kegiatan Static Display di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda, Sidoarjo, Jumat (8/9/2017).

US Navy memasmerkan Pesawat P-3C Orion. Sedangkan Pesawat Udara (Pesud) serta Helikopter milik TNI Angkatan Laut yaitu Pesawat CN 235, Cassa CN 212 dan Helly Bell 412.

TNI AL dan U.S. Navy Pameran Pesawat Saat CARAT 2017

Pesawat P-3C Orion dengan Pilot Hamish Kirkland dan Flight Operator Jackie Aguilero menjelaskan bahwa pesawat jelajah Anti Kapal Selam (ASW) yang memiliki empat mesin Turboprop memiliki kemampuan terbang jarak jauh serta berkemampuan untuk mengintai lokasi pertempuran baik di laut maupun di darat.

Dengan jangkauan yang jauh dan waktu mengudara yang panjang pesawat ini telah membuktikan sebagai aset tak ternilai selama operasi. Sebab pesawat ini dapat mengintai lokasi pertempuran serta dapat mengirimkan informasi secara cepat ke pasukan di darat terutama pasukan Marinir AS.

TNI AL dan U.S. Navy Pameran Pesawat Saat CARAT 2017

Pesawat P-3C Orion ini memiliki sensor yang canggih seperti peralatan frekuensi arah dan jarak (DIFAR) Sonobuoys and Magnetic Anomali Detection (MAD), Sistem Avionik terintegrasi oleh persenjataan secara otomatis serta memberikan informasi penerbangan untuk pilot.

Sekitar 30 pelajar dari SMK Penerbangan Sedati Sidoarjo melaksanakan kunjungan ke pangkalan udara TNI AL yang berjajar rapi pesawat canggih angkatan laut Indonesia dan Amerika Serikat.
Para pelajar mendapatkan kesempatan tanya jawab seputar pesawat dan helly baik dari TNI AL maupun U.S. Navy, yang paling menarik bagi siswa adalah masuk kedalam pesawat dan helly tersebut.

TNI AL dan Angkatan Laut Amerika Serikat (U.S Navy) memamerkan unsur-unsur udara yang terlibat latihan bersama CARAT 2017 dalam kegiatan Static Display

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News