TNI AL Dukung Lomba Perahu Layar Kojadoi Sail Festival 2021

TNI AL Dukung Lomba Perahu Layar Kojadoi Sail Festival 2021
Sejumlah perahu layar tradisional tanpa bahan bakar minyak (BBM) mengikuti lomba dalam ajang Kojadoi Sail Festival 2021 di Pelabuhan Lourentius Say Maumere, Kota Uneng Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (30/6). Foto: Dispenal

jpnn.com, MAUMERE - TNI AL mendukung penuh pelaksanaan lomba perahu layar tradisional tanpa bahan bakar minyak (BBM) dalam ajang Kojadoi Sail Festival 2021.

Acara yang berlangsung di Pelabuhan Lourentius Say Maumere, Kota Uneng Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (30/6) itu dalam rangka menyambut HUT RI Ke 76 tanggal 17 Agustus 2021.

Keterlibatan langsung TNI AL dalam Kajadoi Sail Festival diperankan Lanal Maumere yang langsung dipimpin Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi. Sebagai penanggung Jawab acara lomba layar.

Pada lomba perahu layar tradisional ini diikuti 26 peserta yang start pemberangkatannya di lepas langsung Bupati Sikka Roberto Diogo.

Sementara itu, kategori yang diperlombakan meliputi kategori perahu kayu kurang dari 10 M, kategori perahu fiber kurang dari 10 M, kategori perahu kayu lebih dari 10 M dan kategori perahu fiber lebih dari 10 M. Peserta lomba sebanyak 26.

Danlanal Maumere mengatakan Indonesia sebagai yang wilayahnya kepulauan hendaknya segala bentuk kegiatan menggali potensi maritim, utamanya sektor pariwisata.

Festival Kojadoi mengingatkan kembali bahwa nenek moyang kita  seorang pelaut yang pada waktu itu masih tradisional dalam pelayarannya.

Kegiatan ini diharapkan masyarakat nelayan terbiasa mengandalkan layar dengan bantuan angin sehingga bilamana suatu saat terjadi permasalahan (trouble) pada mesin bisa menggunakan angin sebagai "The Survival At Sea".

TNI AL mendukung penuh pelaksanaan lomba perahu layar tradisional tanpa bahan bakar minyak (BBM) dalam ajang Kojadoi Sail Festival 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News