TNI AL Gelar Latihan Penegakan Hukum di Laut

TNI AL Gelar Latihan Penegakan Hukum di Laut
Suasana saat Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut menggelar Latihan Penegakan Hukum di Laut TA 2019 bertempat di Seskoal Cipulir Jakarta Selatan, Selasa (22/10). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL dalam hal ini Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut menggelar Latihan Penegakan Hukum di Laut TA 2019 bertempat di Seskoal Cipulir Jakarta Selatan, Selasa (22/10).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme serta menyamakan pola pikir dan pola tindak Perwira Penyidik dalam melaksanakan penegakan hukum di laut. Selain itu sebagai upaya mengurangi kendala atas keterbatasan kemampuan Perwira Penyidik TNI Angkatan Laut di lapangan dalam melaksanakan tugas penegakan hukum yang merupakan salah satu tugas TNI Angkatan Laut.

Latihan yang dilaksanakan mulai 21 sampai dengan 25 Oktober 2019 ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pembinaan Hukum Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro dan diikuti sebanyak 110 orang peserta yang merupakan perwakilan dari Mabesal, Koarmada I, Koarmada II, Koarmada III, Pushidrosal, Kolinlamil, Lantamal I sampai dengan XIV serta Lanal.

Laksma TNI Kresno Buntoro saat melaksanakan briefing di hadapan para peserta latihan mengatakan Pelaksanaan latihan penegakan hukum di laut ini juga merupakan komitmen TNI Angkatan laut dalam mendukung upaya penghormatan, pemajuan dan penyamaan visi, misi, persepsi, pola sikap dan tindakan berkaitan dengan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu di laut.

Kejadian-kejadian dan pengalaman di berbagai penugasan dapat dijadikan contoh kasus untuk dianalisa dalam latihan ini sebagai pembelajaran dalam menambah wawasan para peserta latihan.

Menurut Kadiskum Angkatan Laut, profesionalisme perwira TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu di laut sangat diperlukan, hal ini dikarenakan semakin kompleksnya permasalahan tindak pidana di laut.

“Oleh karena itu, setiap perwira TNI Angkatan Laut harus mempunyai pemahaman yang komprehensif terhadap hukum nasional dan hukum internasional guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas khususnya yang terkait dengan penyidikan," tegasnya.

Pelatihan dengan tema “Diskumal Melaksanakan Latihan Penegakan Hukum di Laut TA 2019 di Jakarta Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” ini menghadirkan narasumber seperti Kadiskum Angkatan Laut, Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Kementerian Luar Negeri RI, Kapus Diklat Kejagung RI serta Sekretaris Dinas Pembinaan Hukum (Sekdiskum) Angkatan Laut.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme serta menyamakan pola pikir dan pola tindak Perwira Penyidik dalam melaksanakan penegakan hukum di laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News