TNI AL Gelar Operasi Petir Mandau untuk Pengamanan ALKI III

TNI AL Gelar Operasi Petir Mandau untuk Pengamanan ALKI III
Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada II Kolonel Laut (P) Kisdiyanto melaksanakan Patroli Udara dengan menggunakan pesawat Cassa U-6206 di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III. Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, GORONTALO - Prajurit TNI AL menggelar Operasi Petir Mandau-18 sejak 1 Juni 2018. Operasi yang digelar dengan melibatkan unsur-unsur kekuatan Komando Armada II dalam rangka patroli pengamanan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III.

Untuk mengecek kesiapan prajurit, Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada II Kolonel Laut (P) Kisdiyanto melaksanakan Patroli Udara dengan menggunakan pesawat Cassa U-6206 di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III.

Usai patroli udara, Kisdayanto menyempatkan diri untuk mengunjungi KRI Terapang (TRG)-648 dan Lanal Gorontalo.

KRI TRG-648 adalah salah satu unsur kekuatan dalam Operasi Petir Mandau-18 sedang melaksanakan Tapkonis dan Bekal Ulang Logistik Cair di Pelabuhan Pelindo Gorontalo, kemarin.

Menurut siaran pers Kadispen Koarmada II Letkol Laut (KH) Suratno, Danguskamla Koarmada II saat tiba di Bandar Udara Jalaludin, disambut oleh Komandan Lanal Gorontalo, Letkol Laut (P) Tony Sundah dan Komandan KRI Terapang- 648, Letkol Laut (P) Yohanes Berchmans.

TNI AL Gelar Operasi Petir Mandau untuk Pengamanan ALKI III

Pesud U-6206 yang sedang melaksanakan Bekal Ulang Logistik Cair digunakan Danguskamla Koarmada II untuk mengunjungi dan mengecek kesiapan Unsur dan Pangkalan guna mendukung pelaksanaan operasi TNI AL di Gorontalo. KRI Terapang ini sudah melaksanakan Operasi Petir Mandau-18 sejak tanggal 1 Juni 2018.

Di kapal perang jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmada II itu, seluruh prajurit KRI mendapatkan arahan khusus dari Danguskamla yang menyampaikan kepada seluruh personel agar meningkatkan awarness penjagaan, selalu fokus dalam melaksanakan penjagaan, baik yang berada di anjungan maupun jaga di mesin. Juga melaksanakan ronda keliling setiap jam mengecek kondisi ruangan dan peralatan yang operasional, seluruh personel harus konsentrasi dan tetap alert terhadap perubahan serta yang tidak kalah penting adalah agar masing-masing personel tahu tugas dan tanggung jawabnya.

Prajurit TNI AL menggelar Operasi Petir Mandau-18 sejak 1 Juni 2018 dalam rangka patroli pengamanan di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) III.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News