TNI AL Melatih Kesigapan Personel Rumkital Tanggap Bahaya Kebakaran

TNI AL Melatih Kesigapan Personel Rumkital Tanggap Bahaya Kebakaran
TNI AL dan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat bekerja sama melaksanakan latihan Peran Kebakaran (PEK) dalam rangka melatih kesigapan personel menanggulangi dan mengevakuasi terhadap bahaya kebakaran yang terjadi di rumah sakit pada Kamis (2/12/201) di Gedung Lama Rumah Sakit TNI AL dr. Mintoharjo, Benhill Jakarta Pusat. Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - TNI AL bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat melaksanakan latihan Peran Kebakaran (PEK) dalam rangka melatih kesigapan personel menanggulangi dan mengevakuasi terhadap bahaya kebakaran yang terjadi di rumah sakit.

Latihan tersebut berlangsung di Gedung Lama Rumah Sakit TNI AL dr. Mintoharjo, Benhil Jakarta Pusat, Kamis (2/12).

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) dalam siaran persnya menyebutkan latihan peran kebakaran di Rumkital MTH ini sudah berlangsung mulai tanggal 1 sampai dengan 2 Desember 2021.

Latihan ini melibatkan 95 prajurit dan PNS TNI AL, dan para PHL maupun para security mitra Rumkital MTH serta 20 orang dari Pemadam Kebakaran DKI Jakarta.

Latihan ini mengambil lokasi di gedung lantai 5 yaitu ruangan perawatan Samyang, kemudian ruangan lainnya di lantai 4 Pulau Parempa, lantai 3 Pulau Slayer, lantai 2 Pulau Numfor serta lantai 1 Pulau Anggerek.

Diskenariokan salah satu ruangan di Gedung Lama Rumkital MTH yaitu Ruang Tarempa mendadak gaduh oleh para pasien yang melihat munculnya kepulan asap yang mengakibatkan terjadinya kebakaran di ruang tersebut.

Kepala Ruangan Tarempa selanjutnya melaporkan kepada Perwira Jaga (Paga) untuk melakukan tindakan evakuasi pasien dan aksi pemadaman oleh Tim PEK Rumkital MTH.

Sementara itu, perwira jaga secepatnya memerintahkan Baga untuk membunyikan lonceng tanda bahaya kebakaran, dan pihak rumah sakit juga segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran terdekat untuk membantu pemadaman api agar menghindari kobaran api semakin meluas.

TNI AL bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat melaksanakan latihan Peran Kebakaran (PEK) dalam rangka melatih kesigapan personel menanggulangi dan mengevakuasi terhadap bahaya kebakaran yang terjadi di rumah sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News