TNI AL Punya Kapal Siluman Tercanggih Se Asia Tenggara

TNI AL Punya Kapal Siluman Tercanggih Se Asia Tenggara
TNI AL Punya Kapal Siluman Tercanggih Se Asia Tenggara
JAKARTA---TNI Angkatan Laut hari ini akan tampil lebih disegani di lautan dunia. Korps Baju Putih itu akan diperkuat kapal patroli cepat rudal trimaran bernama KRI Klewang. Hari ini (31/08) kapal itu akan ditampilkan untuk pertama kalinya di depan umum.

"Selama ini proses pembuatannya memang rahasia, karena ini kapal siluman, anti deteksi radar," ujar Andi Luqman Contract Manager PT Lundin Banyuwangi pada Jawa Pos kemarin (30/08).  Kapal perang trimaran sepanjang 63 meter merupakan kapal perang paling canggih dari semua jenis kapal perang yang dikembangkan di Asia Tenggara.

Bentuk lambung yang radikal memungkinkan kapal ini dapat menembus gelombang sehingga dapat meningkatkan stabilitas, Kapal ini dibangun dengan menggunakan material komposit serat karbon yang memanfaatkan vacuum infusion process dan resin vinylester. "Metode ini menghasilkan sebuah struktur yang lebih kuat, tetapi juga memiliki biaya operasional dan pemeliharaan yang efisen," jelas Andi.

Arti trimaran sendiri adalah kapal multihull atau berlambung lebih dari satu. Yaitu terdiri dari lambung utama yang disebut VAKA dan dua lambung kecil atau cadik yang menempel di kanan dan kiri lambung utama yang disebut AMAS. Asal kapal trimaran berasal dari kepulauan Pasifik.

JAKARTA---TNI Angkatan Laut hari ini akan tampil lebih disegani di lautan dunia. Korps Baju Putih itu akan diperkuat kapal patroli cepat rudal trimaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News