TNI AL Siap Amankan Pulau Jemur

Diklaim Milik Malaysia, Gubernur Riau Belum Cek

TNI AL Siap Amankan Pulau Jemur
TNI AL Siap Amankan Pulau Jemur
PEKANBARU – Gubernur Riau HM Rusli Zainal menyatakan pihaknya harus hati-hati menanggapi tampilan sebuah situs yang menyebutkan Pulau Jemur di Gugusan Kepulauan Aruah, Kecamayan Pasirlimau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, diklaim sebagai wilayah Selangor, Malaysia. Rusli Zainal mengaku belum melihat dan berjanji akan mengecek lebih lanjut. 

“Kita akan cek dulu dan kita tak mau terburu-buru membuat kesimpulan. Indonesia sebagai negara serumpun dengan Malaysia harus mengedepankan semangat kebersamaan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang muncul,” ujar Rusli kepada JPNN usai menghadiri Majlis Sambutan Hari Kebangsaan Malaysia ke-52 di Hotel Labersa, Pasir Putih, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Selasa (1/9) malam.

Lebih jauh ditanya apakah ini sebuah bentuk provokasi, Gubri menyebutkan bisa saja itu terjadi.   “Untuk itu kita harus waspadai jangan terburu-buru klaim apapun terhadap statemen, sebab ini masalah negara, pemerintah harus arif dan bijaksana,” ujar pimpinan Partai Golkar Riau itu. Rusli mengimbau masyarakat agar tidak cepat terprovokasi dan cepat mengambil sikap termasuk dalam menyikapi masalah ini.  “Kita serahkan saja kepada pemerintah,” imbuhnya.

Pendapat senada juga disampaikan Konsul Malaysia di Pekanbaru, Zamani Ismail.  “Saya bersetuju dengan Gubri, belum ada maklumat, biar yang berwenang saja selesaikan. Ini masalah antara Jakarta dengan Malaysia,” kilahnya. Ditanya dengan upaya yang dilakukan sehubungan kembali memanasnya hubungan Malaysia-Indonesia, Zamani mengaku akan terus mencari jalan diplomasi.  “Sekarang kita cari usaha sejukkan keadaan yang pantas dan yang terbaik,” sebut Zamani.

PEKANBARU – Gubernur Riau HM Rusli Zainal menyatakan pihaknya harus hati-hati menanggapi tampilan sebuah situs yang menyebutkan Pulau Jemur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News