TNI AL Siapkan Tranportasi untuk Peserta Jambore Nasional

TNI AL Siapkan Tranportasi untuk Peserta Jambore Nasional
Pengurus Pramuka bertemu TNI AL. Foto: Indopos

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault mengatakan, jambore nasional di Cibubur pada 14-21 Agustus merupakan event besar di Indonesia. Apalagi, agenda itu digelar setiap lima tahun sekali.

“Ini melibatkan 25 ribu Pramuka penggalang dari seluruh Indonesia. Kami terus berproses untuk mempersiapkan rencana-rencana kegiatan sejak tahun kemarin agar Jambore Nasional X sukses,” ungkap Kak Adhyaksa.

Dia menambahkan, kesuksesan jambore nasional juga bergantung pada pihak lain. Salah satunya adalah TNI AL.

"Berkaitan dengan Jambore Nasional X ini, tentunya Kwarnas perlu persiapan yang matang dari segi pelaksanaan kegiatan meliputi  transportasi, sarana-prasarana sampai segi Bumi Perkemahan Cibubur juga  sedang dipersiapkan.  Namun kami sadar tidak bisa berjalan sendiri, membutuhkan dukungan dari banyak pihak,” kata Kak Adhyaksa.

Di sisi lain, Waka Kwarnas Bidang Binamuda Kak Editha mengatakan, Jamnas X tahun 2016 diikuti peserta Pramuka Penggalang dan pramuka berkebutuhan khusus dari 34 Kwarda seluruh Indonesia.

"Kami membutuhkan perlengkapan perkemahan, kegiatan, transportasi untuk kegiatan dan transportasi kedatangan dan kepulangan peserta, karena peserta Jamnas ini datang ke Jakarta lewat jalur laut, udara dan darat. Sedangkan peserta dari Pulau Jawa menggunakan kereta dan bus,” ungkap Kak Editha.

Hal itu mendapat sambutan positif dari TNI AL. Mereka TNI AL siap menyukseskan Jambore Nasional.

"Pada dasarnya kami akan dukung penuh kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan generasi muda. Terkait Jambore Nasional akan kami dukung penuh dari segala aspek, salah satunya adalah segi transportasi laut. Kami akan siapkan kapal-kapal untuk mengangkut peserta yang berasal  dari luar Jawa,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut Ade Supandi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News