Wahai Siswa yang Tak Masuk Kuota SNMPTN Jangan Sedih! Sebab...

Wahai Siswa yang Tak Masuk Kuota SNMPTN Jangan Sedih! Sebab...
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Total siswa SMA tingkat akhir yang masuk ke database panitia sejak pendaftaran dibuka Senin (29/2) adalah sebanyak 2.069.709 siswa. Tapi, panitia SNMPTN 2016 memutuskan, hanya 1.362.849 siswa kelas XII yang boleh mendaftar SNMPTN. 

Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas SNMPTN 2016 Bambang Hermanto mengatakan, sebanyak 706.860 siswa yang tidak masuk kuota SNMPTN diharap tidak kecil hati. 

Mereka tetap memiliki peluang untuk kuliah di kampus negeri. “Caranya adalah mengikuti SBMPTN 2016 atau seleksi mandiri yang digelar masing-masing kampus,” kata dia.

Dia menjelaskan penetapan kuota berdasarkan akreditasi di setiap sekolah itu bersifat final. Maksudnya sudah tidak bisa diganti-ganti lagi. 

Baik oleh panitia SNMPTN maupun oleh sekolah. Dia mencontohkan ketika ada siswa yang masuk kuota boleh mendaftar SNMPTN, tetapi tidak mendaftar, kuotanya tidak boleh diganti siswa lain. Jadi, dibiarkan kosong.

Bambang lantas menyampaikan perkembangan pendaftaran SNMPTN hari kedua, kemarin. Dia menjelaskan jumlah pendaftar total sampai pukul 16.16 kemarin ada 14.647 siswa. Dari jumlah tersebut, masih 8.361 siswa yang sudah finalisasi pendaftaran. 

’’Sementara jumlah pelamar SNMPTN yang mengajukan Bidikmisi ada 979 siswa,’’ pungkasnya. (wan/jpnn/far/k15)  

JAKARTA - Total siswa SMA tingkat akhir yang masuk ke database panitia sejak pendaftaran dibuka Senin (29/2) adalah sebanyak 2.069.709 siswa. Tapi,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News