TNI AL Tingkatkan Ketangguhan Masyarakat Hadapi Bencana

TNI AL Tingkatkan Ketangguhan Masyarakat Hadapi Bencana
Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) melaksanakan program Pelatihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) Tahun Anggaran 2023 di Lanal Denpasar, Selasa (21/2). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI AL (Dispotmaral) melaksanakan program Pelatihan Penanggulangan Bencana (Latgulben) Tahun Anggaran 2023 di Lanal Denpasar, Selasa (21/2) lalu.

“Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan ketangguhan masyarakat menghadapi bencana,” kata Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim TNI Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi Agung Slamet saat membuka pelatihan tersebut.

Lebih lanjut, Laksma TNI Suradi menjelaskan latihan tersebut juga menumbuhkan kewaspadaan masyarakat untuk lebih tangguh sebagai pilar bangsa dalam menghadapi bencana.

Kemudian untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa budaya akan sadar bencana harus dimulai dari kesadaran individu, keluarga dan kelompok, termasuk di lingkungan sekolah sampai pada kelompok masyarakat bawah.

Selain itu masyarakat akan sadar terhadap peningkatan kemampuan diri sendiri, kesiapsiagaan, kewaspadaan, sikap tanggap segera menyiapkan alat peralatan.

“Juga menyelamatkan diri dari risiko ganasnya ancaman bencana serta menghadapi terjadinya bencana alam berupa gempa bumi dan tsunami di daerah pesisir,” ujar Suradi.

Suradi menyampaikan pelatihan penanggulangan bencana merupakan program rutin TNI AL yang dilaksanakan oleh Dispotmaral yang diagendakan setiap tahun dan selalu diprioritaskan pada daerah-daerah rawan bencana.

“Perlu diketahui bahwa Latgulben pada tahun ini akan dilaksanakan di 3 wilayah, yaitu Lanal Denpasar, Lanal Malang, dan Lanal Cilacap,” kata Kadispotmaral.

Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Suradi Agung Slamet mengatakan latihan ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan ketangguhan masyarakat menghadapi bencana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News