TNI AU Punya Satuan Baru, ini Tugas Utamanya

TNI AU Punya Satuan Baru, ini Tugas Utamanya
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo meresmikan Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (SATUD PP) Wing 4, Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/7/2021). (ANTARA/HO-Dispenau)

jpnn.com, BOGOR - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara kini memiliki satuan baru.

Satuan tersebut diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/7).

Diberi nama 'Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan (SATUD PP) Wing 4.

Menurut KSAU, pembentukan Satuan Udara ini berawal dari inisiatif pimpinan TNI AU tentang kebutuhan pengembangan organisasi.

Yakni untuk melaksanakan tugas operasi udara khusus, dalam bentuk Operasi Pencarian dan Pertolongan (OPP) sebagaimana tercantum pada Doktrin Swa Bhuwana Paksa.

KSAU juga mengatakan peresmian SATUD PP Wing 4 merupakan tindak lanjut dari Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor 5/2021 tentang organisasi dan Tugas Satuan Udara Pencarian dan Pertolongan Wing 4 Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja.

"Tugas pencarian dan pertolongan merupakan tugas yang tidak ringan, terlebih cakupan NKRI yang luas," ujar Marsekal Fadjar dalam siaran persnya.

Karena itu, dibutuhkan sinergi TNI AU dengan kementerian dan lembaga lain, khususnya dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

KSAU lebih jauh mengatakan dengan diresmikannya SATUD PP Wing 4 maka TNI AU telah memiliki satuan yang secara khusus mengoperasikan alutsista, guna membina profesionalisme personel dalam melaksanakan tugas pencarian dan pertolongan taktis.

TNI Angkatan Udara mempunyai satuan baru yang diresmikan oleh KSAU, begini tugas utamanya.

Sumber ANTARA