TNI Harus Mengambil Peran Dalam Pembinaan Agama

TNI Harus Mengambil Peran Dalam Pembinaan Agama
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI dari Laksma TNI Daradjat Hidajat kepada Kolonel Laut (P) Budi Siswanto di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (9/1/2017). FOTO: Puspen TNI

jpnn.com - jpnn.com - Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) TNI sebagai salah satu Badan Pelaksana Pusat TNI haruslah mengambil peran yang cukup besar di bidang pembinaan agama. Pasalnya, lembaga ini mempunyai tugas yang lebih luas dan harus mengacu kepada visi dan misi TNI di antaranya bersama rakyat TNI kuat.

“Pusbintal TNI harus mengambil peran yang besar di bidang pembinaan agama baik kepada prajurit TNI maupun rakyat, karena masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agamis dan dalam melaksanakan kehidupan sehari-harinya selalu dilandasi oleh sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Kemudian Sapta Marga TNI yang pertama yaitu Memegang Teguh Ideologi Pancasila,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memimpin upacara serah terima jabatan Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI dari Laksma TNI Daradjat Hidajat kepada Kolonel Laut (P) Budi Siswanto di Ruang Hening Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (9/1/2017).

Menurut Jenderal Gatot, masyarakat yang agamis harus disinergikan dengan visi Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan dalam pelaksanaannya TNI bersama rakyat harus dapat berjalan seirama.

Bintal TNI, kata Pangima TNI, mempunyai fungsi dalam Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam melaksanakan tugas pendekatan agama kepada masyarakat.

“Bintal TNI juga perlu bersama-sama berkoordinasi dengan Intelijen, Teritorial dan Penerangan, sehingga tercipta keterpaduan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengatakan serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan mekanisme yang harus dilaksanakan secara berkesinambungan. Tujuannya untuk lebih mendinamisasikan kehidupan organisasi dalam mewujudkan pelaksanaan kerja yang efektif dan efisien sesuai perkembangan situasi dan kondisi di masa kini.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa menambahkan turut hadir pada acara tersebut di antaranya, Kasad Jenderal TNI Mulyono, Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, Irjen TNI Letjen TNI Setyo Sularso, para Asisten Panglima TNI dan Kabalakpus TNI.(fri/jpnn)


Pusat Pembinaan Mental (Pusbintal) TNI sebagai salah satu Badan Pelaksana Pusat TNI haruslah mengambil peran yang cukup besar di bidang pembinaan


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News