TNI Kerahkan Kopassus untuk Evakuasi Turis & Pendaki Rinjani

TNI Kerahkan Kopassus untuk Evakuasi Turis & Pendaki Rinjani
Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - TNI mengirimkan 140 anggota Kopassus ke Nusa Tenggara Barat (NTB) menyusul lindu yang terjadi pada Minggu (29/7) pagi. Tugas bagi pasukan elite TNI AD itu di NTB adalah mengevakuasi ratusan pendaki di Gunung Rinjani.

"Saya sudah berangkatkan 140 pasukan Kopassus untuk membantu wisatawan yang terjebak di Gunung Rinjani," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Polda Metro Jaya, Senin (30/7).

Mantan KSAU itu menambahkan, ada ratusan wisatawan dan pendaki di Rinjani saat gempa berkekuatan 6,4 SR melanda NTB. Karena itu, tim Kopassus akan mengevakuasi 400 pendaki yang masih terjebak di gunung dengan ketinggian 3.726 Mdpl tersebut.

"Saat ini antara TNI, Polri dan Basarnas itu sudah bergerak mencari wisatawan asing maupun lokal," katanya.

Hadi menambahkan, TNI juga menyiapkan rumah sakit lapangan dengan 80 tenaga medis. Menurutnya, rumah sakit lapangan yang didirikan TNI sudah beroperasi mulai kemarin (29/7) malam.

"Sekarang tergelar dan menangani korban luka dan memberikan bantuan kepada anak-anak yang terdampak untuk bisa melakukan satu kegiatan supaya menghilangkan trauma," tegas dia.(cuy/jpnn)


TNI mengirimkan 140 anggota Kopassus ke Nusa Tenggara Barat (NTB) menyusul lindu berkekuatan 6,4 SR yang terjadi pada Minggu (29/7) pagi.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News