TNI-Polri Komponen Utama Keamanan dan Stabilitas Nasional

TNI-Polri Komponen Utama Keamanan dan Stabilitas Nasional
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pada acara pembekalan di hadapan 724 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri tahun 2018, di Jakarta, Rabu (18/7). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Keberhasilan seluruh program nasional dan internasional itu menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat dan bangsa Indonesia. TNI-Polri sebagai bagian dari elemen bangsa memiliki tanggung jawab besar, karena merupakan komponen utama untuk memastikan keamanan dan stabilitas nasional.

“TNI-Polri yang solid dan bersinergi disertai kekompakan dan kerja sama yang baik dengan instansi-instansi lain adalah modal yang sangat mendasar dalam menjamin kelancaran pembangunan,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan pembekalan di hadapan 724 Calon Perwira Remaja (Capaja) TNI-Polri tahun 2018, di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/7/2018).

Menurut Marsekal Hadi, tugas mulia tersebut tidak dapat dilaksanakan sendiri dan dibutuhkan kerja sama dan sinergi dengan seluruh elemen dalam masyarakat. Para Capaja sebagai Perwira TNI-Polri harus mampu menjadi motor kerja sama dan sinergi yang sangat dibutuhkan.

“Tunjukkan bahwa TNI-Polri solid dan bersatu. Jadilah contoh dan teladan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas yang disertai sinergi bersama instansi-instansi lainnya,” ucapnya.

Lebih lanjut, Panglima TNI mengatakan seluruh tugas yang diemban oleh TNI-Polri tidak akan dapat terselesaikan tanpa adanya kerja sama, koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak.

Menurutnya, kesamaan persepsi dan ikatan emosional yang dibangun sejak dini antara calon Perwira TNI dan Polri, harus dijadikan dasar dalam menyatukan soliditas gerak langkah.

“TNI dan Polri, di tengah perbedaan peran dan tugas, memiliki muara yang sama dalam konteks berbangsa dan bernegara, yaitu membantu percepatan pembangunan nasional, menuju masyarakat Indonesia yang aman dan sejahtera,” ujarnya.

“Para Perwira TNI-Polri harus mampu mengaplikasikan kemampuan akademis yang diperoleh selama pendidikan untuk menghadapi tugas ke depan serta harus mengabdi sepenuh hati dan jiwa sebagai prajurit yang profesional, berintegritas dan berkarakter, berdasarkan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta Tribrata dan Catur Prasetya,” tegasnya.

TNI-Polri sebagai bagian dari elemen bangsa memiliki tanggung jawab besar, karena merupakan komponen utama untuk memastikan keamanan dan stabilitas nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News