TOF Bukti Tasikmalaya Siap Jadi Destinasi Industri Kreatif

TOF Bukti Tasikmalaya Siap Jadi Destinasi Industri Kreatif
Tasikmalaya Creative Festival sebagai bagian Tasikmalaya Oktober Festival 2017. Foto: Radar Tasikmalaya

jpnn.com, TASIKMALAYA - Pergelaran karnaval budaya sukses menjadi sajian pembuka ajang Tasikmalaya October Festival (TOF) 2017, Minggu (15/10) pagi. Antusiasme masyarakat yang begitu tinggi menyaksikan suguhan ragam seni budaya dan kerajinan khas lokal menandakan Tasikmalaya siap menjadi destinasi wisata berbasis industri kreatif.

Sejak pukul 06.00 WIB, ribuan masyarakat sudah menyemut di titik start karnaval di samping kantor Disporabudpar Kota Tasikmalaya. Jumlah masyarakat dan wisatawan terus bertambah seiring pembukaan TOF 2017 dan pelaksanaan karnaval pada pukul 08.00 WIB.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan, TOF merupakan bagian dari rangkaian dalam menyambut HUT ke-16 Kota Tasikmalaya. "Ini pesta masyarakat Tasikmalaya yang menjadi kebahagiaan kita semua masyarakat Tasik," ujar Budi Budiman saat menyampaikan pidato sambutan pembukaan TOF.

Dia mengatakan, TOF merupakan bagian dari calendar of events pariwisata Tasikmalaya. Di mana terdapat banyak kegiatan di dalamnya. Mulai dari kegiatan karnaval, festival kuliner juga seminar internasional.

"Dalam karnaval ini kita suguhkan apa yang menjadi kekuatan Tasikmalaya sebagai kota industri kreatif. Di mana industri kreatif ini akan kita dorong menjadi pusat destinasi wisata produk kreatif di Jawa Barat selatan," ujarnya.

Industri kreatif di Tasik memang sudah banyak dikenal. D iantaranya seperti batik, mendong dan bordir, termasuk kelom geulis dan payung geulis.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terus dipromosikan ke tingkat nasional. Karena di tengah era globalisasi dan teknologi seperti sekarang ini, seni dan budaya adalah potensi besar yang tidak dimiliki negara lain," ujar Budi.

Event TOF pun mendapat dukungan penuh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Kemenpar) Esthy Reko Astuti mengatakan, kementerian yang dipimpin Arief Yahya itu akan terus mendukung daerah yang memiliki komitmen besar terhadap pariwisata.

Pergelaran karnaval budaya sukses menjadi sajian pembuka ajang Tasikmalaya October Festival 2017. Masyarakat pun begitu antusias menyamutnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News