Tokoh Agama Sosialisasikan Protokol Kesehatan, Kesadaran Masyarakat Makin Meningkat

Tokoh Agama Sosialisasikan Protokol Kesehatan, Kesadaran Masyarakat Makin Meningkat
Dokumen - Para pemuda melakukan sosialisasi protokol kesehatan COVID-19 pada kegiatan Bulan Pemuda di Kota Tangerang Selatan. ANTARA/HO

jpnn.com, JAKARTA - Romo Deken Malaka Keuskupan Atambua Edmundus Sako mengatakan bahwa saat ini tingkat kesadaran masyarakat Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur dalam menerapkan protokol kesehatan semakin meningkat untuk mencegah penularan Covid-19.

Pasalnya, tokoh lintas agama turut membantu pemerintah melakukan sosialisasi, terutama di gereja-gereja yang ada di sana.

Hal ini dia sampaikan dalam talkshow virtual  Belajar Disiplin Protokol Kesehatan Malaka, Nusa Tenggara Timur yang diadakan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Jakarta, Senin.

“Dari gereja, kami arahkan agar masyarakat menjalankan protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan aturan dari pemerintah,” kata Romo Deken Edmundus.

Romo Deken menambahkan, pihaknya tak pernah bosan meminta umat Katolik untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan yang mencakup 3M, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Menurut dia, Forum Kerukunan Umat Beragama juga punya peran sangat penting dalam mengedukasi, melakukan sosialisasi serta memberikan arahan dan imbauan kepada masyarakat di Kabupaten Malaka untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini disampaikan dalam semua forum baik lisan atau pesan agar semua tetap disiplin,” tambah dia.

Dalam talkshow itu, Kepala Sub Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Troy Pantouw juga mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Peran tokoh lintas agama dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan sangat penting. Hal ini terbukti dari meningkatnya kesadaran masyarakat di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News