Tokoh Minangkabau Yendra Fahmi Imbau Urang Awak Berkontribusi di Dunia Pendidikan

Tokoh Minangkabau Yendra Fahmi Imbau Urang Awak Berkontribusi di Dunia Pendidikan
Tokoh masyarakat Minangkabau Yendra Fahmi (tengah) saat bersama Jusuf Kalla di Padang Panjang, Senin (6/11). Foto: source for JPNN

jpnn.com - PADANG PANJANG - Tokoh masyarakat Minangkabau Yendra Fahmi mengajak para perantau Ranah Minang berkontribusi memajukan Sumatera Barat.

Pria berusia 52 tahun yang berasal dari Sulik Aia, Kabupaten Solok, Sumbar itu mengatakan salah satu cara Urang Awak memajukan kampungnya ialah melalui dunia pendidikan.

Hendra mengatakan hal itu saat menghadiri peresmian Asrama Hajjah Yuliana di Padang Panjang, Senin (6/11).

Pengusaha di bidang pertambangan, perkebunan, dan properti yang dikenal sebagai filantrop itu membeli tanah untuk diwakafkan sebagai lokasi pembangunan Asrama Hajjah Yuliana di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Padang Panjang.

“Dengan berdirinya perguruan ini semoga bisa menjadi tempat untuk menumbuhkembangkan potensi terbaik dari anak-anak kita dengan ilmu dunia dan terutama akhirat,” ujarnya.

Yendra mengharapkan lembaga pendidikan tersebut mampu menjaga tradisi Sumbar sebagai daerah penghasil para pemikir bangsa.

Tokoh Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang) itu mengingatkan bahwa banyak tokoh bangsa yang berasal dari Sumbar.

“Saya berharap dengan adanya lembaga pendidikan ini merupakan bagian tradisi dari Sumatera Barat sebagai daerah yang menghasilkan para nasionalis sejati dan pribadi-pribadi yang memberi pengaruh besar dalam perjalanan bangsa,” ujar Yendra. (*/jpnn)

Sukses di rantau, tokoh masyarakat Minangkabau Yendra Fahmi mengajak para perantau meajukan Ranah Minang melalui pendidikan.


Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News