JPNN.com

Tokoh Papua: Benny Wenda Tidak Berhak Mengatur

Selasa, 10 September 2019 – 18:53 WIB
Tokoh Papua: Benny Wenda Tidak Berhak Mengatur - JPNN.com
Presiden Joko Widodo berdialog dengan para tokoh Papua dan Papua Barat di Istana Negara, Selasa (10/9). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh masyarakat Papua, sekaligus ketua DPRD Kota Jayapura, Abisai Rollo, menyatakan tidak mengenal sosok Benny Wenda, ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP). Dia hanya menegaskan jika Benny tak berhak mengatur NKRI apalagi Papua.

Benny Wenda merupakan salah satu tokoh separatis yang belakangan kembali muncul dan menyampaikan tuntutan Papua Merdeka bersamaan dengan serangkaian aksi protes terhadap tindakan rasisme yang dialami mahasiswa asal Bumi Cenderawasih di Jawa Timur.

"Untuk sosok Benny Wenda, saya sendiri tidak pernah mengenal beliau. Beliau mungkin sekarang, dari media dikatakan beliau warga negara Swiss. Sehingga beliau tidak punya hak untuk mengatur NKRI dan tidak punya hak untuk mengatur tanah Papua karena tanah Papua bagian dari NKRI," kata Abisai di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/9).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan bakal menangkan Benny Wenda jika ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) itu masuk ke Indonesia.

"Kalau (Benny Wenda) masuk ke Indonesia, ya, saya tangkap. Nanti kita proses," kata Wiranto.

Dia juga menambahkan, pemerintah tidak tinggal diam atas tindakan Benny melalui provokasi-provokasinya terhadap masyarakat di Papua dan Papua Barat.(fat/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil