Tol Cipali Macet, Polisi Terapkan Contraflow

Tol Cipali Macet, Polisi Terapkan Contraflow
MACET: Tol Cipali yang mengalami kemacetan akibat arus balik, Sabtu (1/7) sehingga pengendara menghentikan kendaraan di tepi jalan untuk beristirahat. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.Com

jpnn.com, CIPALI - Polisi akhirnya menerapkan sistem contraflow untuk mencairkan kemacetan di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) yang mengarah ke Jakarta, Sabtu (1/7). Contraflow diterapkan pada pukul 16.00.

"Diberlakukan sistem contraflow arah Jakarta mulai KM 117 sampai dengan KM 78," kata Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa.

Sistem contraflow diterapkan guna mengantisipasi penumpukan kendaraan di rest area KM 102. MArtinus menambahkan, Polri juga menerapkan rekayasa lalu lintas di Tol Cikampek.

"Dari arah Tol Cikampek menuju Palimanan dialihkan melalui Jalur Pantura," tambah Royke.

Berdasar pantauan di Tol Cipali, kemacetan terjadi di Kilometer 209. Panjangnya sekitar dua kilo.

Namun, lalu lintasnya kembali lancar di KM 207. Selanjutnya, kemacetan terjadi lagi saat memasuki KM 202 lantaran banyak pengendara yang berhenti di tempar istirahat atau rest area.

Di rest area KM 202 itu pula masyarakat dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Mulai dari SPBU, toilet, lahan parkir luas, tempat makan, dan tidur. Banyak pengendara yang memilih istirahat di sini. ‎

Salah satu petugas Tol Palimanan, Sugandhi mengungkapkan, sejak kemarin (30/6) jumlah kendaraan yang ke Jakarta cukup banyak. "Mungkin malam nanti banyak yang masuk Jakarta, karena sore ini terbilang cukup lancar," tuturnya.

Polisi akhirnya menerapkan sistem contraflow untuk mencairkan kemacetan di Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) yang mengarah ke Jakarta, Sabtu (1/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News