Tol Cisumdawu Dibuka untuk Masyarakat Rayakan Natal dan Tahun Baru 2023

Tol Cisumdawu Dibuka untuk Masyarakat Rayakan Natal dan Tahun Baru 2023
Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Suntana. Dok Humas Polri.

jpnn.com, CIREBON - Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan (Cisumdawu) rencananya dibuka untuk masyarakat yang berlibur pada Natal dan Tahun Baru 2023.

Tol itu hanya dibuka untuk kendaraan kecil agar masyarakat dari Bandung menuju Cirebon atau sebaliknya tidak perlu memutar.

"Alhamdulillah, kami dapat berita gembira bahwa pemerintah akan memfungsikan jalan Tol Cisumdawu," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana saat meresmikan Gedung Satpas SIM Prototipe Polres Cirebon Kota di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (13/12).

Eks Wakapolda Metro Jaya itu mengatakan jalan Tol Cisumdawu dapat memangkas waktu perjalanan dari Bandung menuju Cirebon maupun sebaliknya hingga satu jam lebih.

Untuk fungsional Tol Cisumdawu, katanya, dilakukan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 tanpa dipungut biaya atau gratis, tetapi masih dikhususkan bagi kendaraan kecil.

"Jalan Tol Cisumdawu ini belum dipungut bayaran, tapi masih dikhususkan untuk kendaraan kecil," kata dia.

Suntana menambahkan pembukaan Tol Cisumdawu secara fungsional, maka diharapkan dapat mempermudah mobilisasi masyarakat yang akan berlibur maupun silaturahmi.

Dia mengatakan saat libur Natal dan Tahun Baru 2023, pihaknya akan menyiagakan anggota untuk menjaga dan mengatur lalu lintas, baik di jalan tol maupun arteri.

Polisi melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas apabila diperlukan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News