Tol Laut Membuat Ketersediaan Barang Konsisten, Disparitas Harga pun…

Tol Laut Membuat Ketersediaan Barang Konsisten, Disparitas Harga pun…
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki saat berkunjung ke Graha Pena Jawa Pos Group, Jakarta, Rabu (20/4). Kunjungan dalam rangka dialog dengan pimpinan redaksi Jawa Pos Group mengenai program pemerintah di bidang perhubungan. Foto: RICARDO/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Dalam diskusi dengan awak Jawa Pos Group, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, program tol laut mulai banyak membawa hasil.  Salah satunya adalah menekan disparitas harga barang antara di Indonesia bagian barat dengan yang ada di wilayah timur. 

“Konektvitas antra wilayah terus kita kembangkan sehingga jalur distrubsi bisa lebih lancar,” ucap Jonan.

Ya, program unggulan Jonan di sektor laut adalah tol laut. Dalam program ini pihaknya sudah menugaskan PT Pelni untuk menyediakan kapal-kapal yang akan terus melintas di tol laut untuk mengangkut komoditas dari barat ke timur dan sebaliknya.

Nah, kapal tol laut ini mengangkut komoditas dan melewati rute-rute atau pelabuhan terpencil yang selama ini tidak dilewati oleh kapal-kapal kargo komersial.  

Saat ini sudah ada empat rute tol laut. “Targetnya ada enam rute tol laut di tahun ini,” kata Jonan.

Menteri asal Surabaya itu menambahkan, tol laut adalah kapal yang berlayar terjadwal. Dengan begitu, komoditas yang diangkut bisa dijamin kepastiannya. 

“Selama ini harga (barang) naik turun karena tidak ada kepastian angkutan barang. Dengan angkutan terjadwal (tol laut), pengiriman barang akan menjadi pasti,” papar Jonan.

Nah, kepastian ketersiadaan barang inilah yang akan menekan disparitas harga. “Sekarang harga semen di beberapa wilayah Indonesia timur Rp 70 ribu. Sedangkan di Jawa Rp 60 ribu. Tidak beda jauh kan,” ujarnya. (jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News