JPNN.com

Tol Trans Jawa Segera Digarap

Jumat, 12 September 2008 – 16:12 WIB Tol Trans Jawa Segera Digarap - JPNN.com
JAKARTA- Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto mengharapkan agar pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol trans Jawa bisa diselesaikan pada bulan ini. ‘’Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah meminta pembebasan lahan harus sudah selesai bulan ini, kepada para gubernur yang terkait,’’ ujar Joko Kirmanto kepada wartawan seusai mengikuti rapat khusus dengan wakil Presiden di Jakarta, Jumat (12/9).

Rapat khusus dengan Wakil Presiden tersebut, dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto. Menurut Joko , sebenarnya permasalahan yang ada dalam pembebasan lahan jalan tol trans Jawa hanya masalah-masalah kecil. Misalnya soal kesepakatan harga atau soal amdal untuk tanah-tanah milik Departemen Kehutanan.

Menteri PU juga menjelaskan bahwa masalah pembiayaan bagi pembebasan lahan tidak menjadi soal. Hingga saat ini disediakan dana dari Badan Layanan Umum (BLU) sebesar Rp3,9 trilliun dan baru terpakai beberapa ratus milliar.  Namun, tambahnya, jika proyek jalan tol trans Jawa tersebut dibangun akan ada investasi masuk sebesar Rp50 triliun.  "Jadi uangnya ada, tinggal pembayarannya saja," kata Joko Kirmanto.

Sementara Gubernur Jawa Tengah  Bibit Waluyo mengaku di wilayahnya tidak ada masalah berarti. Masyarakat Jateng, tambahnya, bisa mengerti dan mau menyadari betapa pentingnya jalan tol trans Jawa.  "Kita ganti rugi lahan sesuai dengan harga saat ini dan bahkan lebih tinggi," Bibit Waluyo menegaskan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...