Tolak Pabrik Semen, Petani Mengadu ke KPK

Tolak Pabrik Semen, Petani Mengadu ke KPK
Tolak Pabrik Semen, Petani Mengadu ke KPK

jpnn.com - JAKARTA - Belasan petani dari Pegunungan Kendeng mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tujuannya untuk melaporkan rencana pembangunan pabrik semen milik PT Sahabat Mulia Sakti di kawasan pegunungan Kendeng Utara, Pati, Jawa Tengah.

Ketika datang, mereka tampak mengenakan pakaian serba hitam. Selain itu mereka juga membawa aneka hasil bumi seperti padi, singkong, nangka, ubi, dan pisang.

"Pertambangan terus mengancam kelestarian pegunungan Kendeng Utara," kata perwakilan petani dari Pegunungan Kendeng, Sakijan di KPK, Jakarta, Senin (25/11).

Menurut Sakijan, masyarakat Pegunungan Kendeng sering mengalami tindak kekerasan akibat menolak pendirian pabrik semen. Mereka pun telah membentuk paguyuban Masyarakat Peduli Pegunungan Masyarakat Peduli Pengunungan Kendeng. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan melestarikan tanah leluhur.

Pertambangan PT Sahabat Mulia Sakti akan dilakukan di kawasan hutan yang dikelola Perum Perhutani Jawa Tengah di wilayah Pati dan Grobogan seluas lima ribu ketra. Hutan itu berada di kawasan kars Sukolilo yang sudah dilindungi. (gil/jpnn)


JAKARTA - Belasan petani dari Pegunungan Kendeng mendatangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tujuannya untuk melaporkan rencana pembangunan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News