Tolak RUU Kamnas, Ratusan 'Munir' Datangi DPR

Tolak RUU Kamnas, Ratusan 'Munir' Datangi DPR
Tolak RUU Kamnas, Ratusan 'Munir' Datangi DPR
JAKARTA - Gerbang depan DPR RI hari ini didatangi ratusan orang bertopeng wajah Munir. Massa yang terdiri dari puluhan elemen masyarakat itu datang untuk satu tujuan, yakni menolak Rancangan Undang-Undang Keamanan Nasional (RUU Kamnas) yang kini tengah dibahas di DPR.

Massa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat itu berasal dari sejumlah elemen antara lain KontraS, Imparsial, ICW, LBH Jakarta, AJI, Elsam, Setara Institute dan sejumlah elemen lainnya. Topeng berwajah Munir menjadi pilihan para aktivis untuk menolak RUU Kamnas. Seperti diketahui, Munir adalan tokoh antikekerasan yang tewas diracun.

Juru bicara Aliansi Rakyat Saiful Munir menyatakan, RUU Kamans harus ditolak demi kelangsungan demokrasi di negeri ini. "RUU ini akan mengekang kebebasan berpendapat di muka umum. Ini akan mengembalikan rejim militer yang represif dan kita sudah punya pengalaman buruk yang panjang di dalam masa itu," papar Saiful di gerbang depan DPR RI, Kamis (6/12).

Dipaparkannya, RUU Kamnas akan membuat Presiden bertindak sesukanya. Sebab dalam RUU itu diusulkan agar nantinya Presiden dapat menentukan setiap ancaman potensial dan aktual bagi keamanan nasional.  "Artinya presiden dapat menentukan semua hal sebagai ancaman nasional," tegasnya.

JAKARTA - Gerbang depan DPR RI hari ini didatangi ratusan orang bertopeng wajah Munir. Massa yang terdiri dari puluhan elemen masyarakat itu datang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News