JPNN.com

Tom Hanks Mengaku Terkena Diabetes Tipe 2

Rabu, 09 Oktober 2013 – 18:01 WIB Tom Hanks Mengaku Terkena Diabetes Tipe 2 - JPNN.com
Tom Hanks Mengaku Terkena Diabetes Tipe 2

HOLLYWOOD - Aktor kawakan, Tom Hanks, mengaku mengidap diabetes tipe 2. Pria 57 tahun itu mengaku menderita diabetes di acara bicang-bincang televisi Late Show with David Letterman, Senin (7/10).

“Dokter bilang gula darah saya tinggi. Yang mencengangkan, dia bilang gula darah tinggi ini sudah saya alami sejak usia 36. Saya divonis kena diabetes tipe 2,” ujar Hanks.

Seperti diberitakan laman Daily Telegraph, Selasa (8/10), diabetes tipe 2 mempengaruhi tubuh dengan tidak memproduksi cukup insulin atau hormon yang mengubah gula menjadi energi. Penyakit ini diderita sekitar 24 juta orang Amerika Serikat (AS). Menurut Badan Administrasi Makanan dan Obat-Obatan AS (FDA), penyakit ini jika tak diobati dapat mengancam nyawa.

Dr Holly Phillips , kontributor medis untuk jaringan TV Amerika CBS, menyatakan, naiknya berat tubuh dan penurunan berat secara dramatis bisa mengakibatkan keseimbangan tubuh tidak terjaga. Hal ini mempengaruhi munculnya diabetes tipe 2.

"Dia harus melihat, apa yang dia makan sangat erat hubungannya dengan penyakit itu. Karenanya harus berolahraga secara teratur, tetapi tidak ada alasan untuk tidak bisa hidup normal," ujar Holly.

Diperkirakan, setidaknya 366 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes dengan sebagian besar diabetes tipe 2. Kondisi ini telah dikaitkan dengan obesitas, pola makan dan gaya hidup buruk.

Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi serius termasuk kerusakan ginjal, kebutaan, kerusakan saraf, penyakit jantung dan kehilangan anggota tubuh. Para ahli percaya kebanyakan kasus dapat dicegah dengan gaya hidup sehat. (esy/jpnn)

 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...