Tonton: Balikpapan Berpotensi Seperti Jakarta Jika Pasangan AMIN Menang di Pilpres 2024

Tonton: Balikpapan Berpotensi Seperti Jakarta Jika Pasangan AMIN Menang di Pilpres 2024
Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Bandung Dr. H. Tonton Taufik, ST, MBA mengatakan, visi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menjadikan Balikpapan, Kalimantan Timur, seperti Jakarta, tidak mustahi jika terpilih pada Pilpres 2024.

Menurut Tonton, Anies Baswedan telah membuktikan kapasaitasnya dalam memimpin dengan visi progresif di Jakarta.

"Ada optimisme perubahan serupa dapat diterapkan di Balikpapan, dengan produksi mencapat 86 juta barrel per tahun dan memasok hingga 26% total kebutuhan bahan bakar minyak di Indonesia," ujar Tonton, dalam keterangannya, Kamis (4/1).

Balikpapan, kata Tonton, merupakan kota besar kedua setelah Samarinda, di Provinsi Kalimantan Timur. Namun, memiliki perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan, dengan total PDRB pada 2022 sebesar Rp 127.325,67 miliar.

Data terkini dari BPS Kota Balikpapan menyebutkan bahwa pada 2023, jumlah penduduk Kota Balikpapan mencapai 710.035 jiwa. Angka ini menunjukkan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, serta mencerminkan ketertarikan masyarakat dari luar kota untuk tinggal dan berkontribusi di Balikpapan.

Dari segi lapangan pekerjaan, kota ini memiliki mayoritas penduduk yang bekerja di sektor jasa sebesar 77,07 persen. Sektor manufaktur menyerap tenaga kerja sebesar 20,05 persen, dan sektor pertanian hanya 2,88 persen.

Tonton menuturkan, fakta ini menandakan bahwa Balikpapan merupakan kota yang dominan dalam sektor jasa dan berpotensi sebagai kota metropolitan seperti Jakarta, pun bisa terwujud.

"Bahkan tidak memerlukan biaya yang sebanding dengan pembangunan kota metropolitan baru karena bukanlah upaya dari nol, melainkan mengangkatnya agar dapat setara dengan Jakarta," kata dia.

Ketua Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Bandung Tonton Taufik mengatakan, Balikpapan berpotensi seperti Jakarta, jika pasangan AMIN menang di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News