Top, Imigrasi di KDEI Taipei Cekatan Layani WNI di Taiwan

Top, Imigrasi di KDEI Taipei Cekatan Layani WNI di Taiwan
Tempat layanan imigrasi di Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei. Foto: Kemenkumham

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Bidang Imigrasi Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei Herawan Sukoaji mengambil langkah-langkah sigap untuk mengatasi membeludaknya permohonan paspor. Menurutnya, makin banyaknya jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Taiwan membuat pelayanan keimigrasian pun meningkat.

Herawan menuturkan, Taiwan merupakan negara jumlah TKI nomor tiga paling banyak setelah Arab Saudi dan Malaysia. “Total ada 250 ribu TKI yang ada di Taiwan,” tuturnya, Rabu (31/5).

Lebih lanjut Herawan mengatakan, permintaan permohonan keimigrasian terutama paspor naik dari semula rata-rata hanya 25 menjadi 500 per hari. Sedangkan jumlah SDM yang ada di Bidang Imigrasi KDEI Taipei hanya delapan orang.

Melihat kondisi itu, KDEI mengambil beberapa langkah-langkah untuk mengatasinya. Herawan menjelaskan, langkah pertama adalah menganalisis kondisi pelayanan imigrasi di KDEI Taipei.

Selanjutnya, hasil analisis itu disampaikan ke pimpinan di KDEI Taipei dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi.  Menurutnya, imigrasi KDEI Taipei kekurangan SDM dan fasilitas pendukung seperti server dan mesin cetak.

“Pada saat tiba (November 2016) kondisi server hanya terdapat satu, untuk dua pelayanan, yaitu Pelayanan Paspor, dan Visa. Kemudian mesin cetak pasporpun masih satu, sehingga masih dibutuhkan satu lagi untuk percepatan proses cetak,” tuturnya.

Meski demikian Ditjen Imigrasi tetap meminta Bidang Imigrasi KDEI Taipei sigap melayani. Misalnya, dari target semula bisa melayani 100 pemohon per hari, dinaikkan menjadi 250 per hari.

KDEI Taipei juga melakukan inovasi untuk proses pelayanan imigrasi supaya berjalan cepat dan lancar. Mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah Taiwan pun dilibatkan menjadi pegawai honorer.

Kepala Bidang Imigrasi Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei Herawan Sukoaji mengambil langkah-langkah sigap untuk mengatasi membeludaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News