TOP! Jabar Panen Emas di Cabang Renang

TOP! Jabar Panen Emas di Cabang Renang
TOP! Jabar Panen Emas di Cabang Renang

jpnn.com - BANDUNG - Kontingen Jawa Barat (Jabar) cabang olahraga renang menyumbang 17 medali emas bagi kontingen Jawa Barat dalam perhelatan PON XIX 2016, sekaligus keluar sebagai juara umum.

 Dari 40 medali emas yang diperebutkan, Jabar menyabet 17 medali emas diikuti provinsi Jawa Timur dengan koleksi sembilan medali emas, lalu DKI Jakarta dengan tujuh emas.

Pada posisi keempat ada provinsi Riau dengan koleksi tiga emas, disusul Kalimantan Utara dengan raihan dua emas, kemudian Jawa Tengah dan Bali masing-masing mengumpulkan masing-masing satu emas.

Sulawesi Selatan hanya mampu mengumpulkan satu medali perak. Untuk provinsi Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kep Riau, Lampung, Maluku Utara, NAD, Nusa Tenggara Barat, Papua, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Utara gagal menghasilkan medali.

Ketua Harian Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jabar Verdia Yosef mengaku bangga dengan pencapaian atlet. Sebab apa yang ditorehkan tim Jabar melampaui target yang dicanangkan. "Pastinya bangga, pencapaian ini melampaui target. Kita target maksimal 15 emas dan hasilnya 17 emas," ujar Yosef di Kolam Renang FPOK UPI, Kota Bandung, Selasa (20/9).

Yang lebih membuat Yosef bangga, torehan medali tersebut diperoleh saat Jabar tak diperkuat oleh dua atlet andalannya yang hijrah ke Jawa Timur, Glenn Victor dan Ressa Kania Dewi. "Walaupun kita kehilangan dua atlet, kita menjadi yang terbaik," ujarnya.

Saat ini, Yosef mengatakan, Jabar masih berpeluang untuk menyabet emas dalam renang perairan terbuka. Dimana lima medali emas menjadi target. "Di perairan terbuka ada 3.000 M Putra-putri, 5.000 M putra-putri, dan 10.000 M putra Putri, mudah-mudahan bisa lima emas kita dapatkan," pungkasnya. (pra/dil/jpnn)


BANDUNG - Kontingen Jawa Barat (Jabar) cabang olahraga renang menyumbang 17 medali emas bagi kontingen Jawa Barat dalam perhelatan PON XIX 2016,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News