TOP, Pelindo I Sibolga Lakukan Ekspor Perdana ke Belgia dan Inggris

TOP, Pelindo I Sibolga Lakukan Ekspor Perdana ke Belgia dan Inggris
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I. Foto dok Pelindo I

jpnn.com, SIBOLGA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Cabang Sibolga melakukan pengapalan ekspor perdana 5.732 CBM (Cubic Meter) komoditas Plywood milik PT Mujur Timber dengan tujuan Antwerp, Belgia dan Tilbury, Inggris pada Sabtu, (13/2). 

Komoditas plywood tersebut akan diekspor dengan menggunakan kapal MV Beautriumph yang berbendera Belanda dengan bobot 5.132 GT dan memiliki panjang 118,4 meter.

M. Eriansyah General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga mengatakan ekspor perdana ini merupakan milestone Pelabuhan Sibolga karena menjadi momentum yang menandai kesiapan pelabuhan ini melaksanakan kegiatan bongkar muat internasional.

"Kami berharap dukungan dari pemerintah daerah dan instansi terkait untuk selalu memacu dan merangsang para pengusaha lokal agar secara kontinyu melakukan ekspor komoditas dari wilayah barat Pulau Sumatera Utara ini. Kami yakin, dengan sinergi yang baik, kedepannya Pelabuhan Sibolga  mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, sekaligus berkontribusi terhadap peningkatan ekspor nonmigas," tutur Eriansyah.

Hal ini secara langsung menurut Eriansyah juga akan mendorong kinerja neraca perdagangan dan ekonomi nasional. 

Dengan rampungnya pengembangan Pelabuhan Sibolga pada 2019, kinerja pelayanan kepelabuhanan di Pelabuhan Sibolga terus menunjukkan peningkatan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Peningkatan trafik kunjungan kapal yang siginifikan terjadi di Pelabuhan Sibolga.

Selama 2020 kunjungan kapal mencapai 850 call, naik 39 persen dibandingkan dengan 2019 yang sebanyak 611 call.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 Cabang Sibolga melakukan pengapalan ekspor perdana 5.732 CBM (Cubic Meter) komoditas Plywood milik PT Mujur Timber.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News