Top! Triwula Pertama Ekonomi Tumbuh 5,9 Persen

Top! Triwula Pertama Ekonomi Tumbuh 5,9 Persen
BPS. Foto: JPNN

jpnn.com - MANADO – Pertumbuhan  ekonomi Sulawesi Selatan tumbuh 5,96 persen pada triwulan pertama 2016. Pertumbuhan tertinggi terjadi di lapangan usaha jasa keuangan yang mencapai 12,41 persen year on year.

"Harga konstan ada di angka Rp 708.223.000.000. Periode yang sama tahun sebelumnya Rp 623.894.000.000," ujar Kepala Badan Pusat Statistik Edy Mahmud akhir pekan kemarin.

Ekonom Sulut Agus Poputra menjelaskan, jasa keuangan merujuk pada organisasi yang menangani pengelolaan dana. "Bank, perusahaan asuransi, perusahaan kartu kredit, perusahaan pembiayaan konsumen , dan sekuritas adalah contoh perusahaan dalam sektor ini," ujarnya.

Menurutnya, kontribusi bank dalam hal ini adalah produksi jasa yang meningkat. “Ada empat aspek yang menentukan. Ada peningkatan di simpanan dan investasi juga di kredit dan pembiayaan. Ada juga perbankan syariah dan bank perkreditan rakyat," tutur akademisi Unsrat ini.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Sulut menambahkan, meningkatnya PDRB jasa keuangan dari sisi produksi, artinya kepercayaan masyarakat Sulut akan perbankan meningkat. "Kebijakan bank yang populer seperti bunga kredit usaha rakyat (KUR) yang rendah menjadi daya tarik bagi nasabah," ujar Peter. (ctr-23/adr/jos/jpnn)


MANADO – Pertumbuhan  ekonomi Sulawesi Selatan tumbuh 5,96 persen pada triwulan pertama 2016. Pertumbuhan tertinggi terjadi di lapangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News