Tottenham Hotspur vs Chelsea: Kans Besar Poche Berikan Gelar

Tottenham Hotspur vs Chelsea: Kans Besar Poche Berikan Gelar
Mauricio Pochettino. Foto: AFP

jpnn.com, LONDON - Mauricio Pochettino sudah lima musim menjadi pelatih Tottenham Hotspur. Apa trofi yang pernah dipersembahkan Poche? Tidak ada.

Spurs hanya konsisten sebagai pesaing serius pacuan persaingan Premier League. Di ajang domestik lainnya, Spurs di era Poche juga tak pernah menapak podium juara. Mereka hanya nyaris meraih gelar ketika tampil di final Piala Liga pada 2015. Ketika itu, mereka kalah 0-2 dari Chelsea pada final yang berlangsung di Wembley, London.

Nah, tahun ini, Poche punya kans untuk mengakhiri dahaga trofi. Sayangnya, mereka harus bentrok dini melawan Chelsea pada leg pertama semifinal Carabao Cup atau Piala Liga di Wembley dini hari nanti WIB (tayangan langsung TVRI pukul 03.00 WIB).

Meski ajang ini adalah peluang pertama Poche meraih gelar, namun dia tak mematok target tinggi. Eks pelatih Espanyol dan Southampton itu mengatakan, chairman Spurs Daniel Levy mengontraknya untuk tujuan yang lebih besar.

“Kalau target obyektif klub ini hanya Piala Carabao (Piala Liga, red.), dan menjadi tim papan tengah Premier League, mungkin saya tak berada di sini dan berbicara kepada kalian. Mungkin saya sudah dipecat sejak periode sebelumnya,” kata Poche seperti dikutip Goal.

Persoalan trofi, menurut pelatih 46 tahun itu selalu mengemuka jika timnya selalu gagal mencapai apapun. Padahal, posisi di klasemen akhir Premier League jauh lebih penting. Dan, sejak Poche menjadi pelatih Spurs pada musim 2014-2015, hanya pada musim perdana saja dia gagal membawa finis Spurs di posisi empat besar. Selebihnya runner-up (2016-2017) dan tiga besar (2017-2018, 2015-2016).

“Jika Spurs tak finis di posisi yang kami capai dalam tiga musim terakhir, tapi memenangi Piala FA, saya tak tahu apakah Daniel (Levy) masih sesabar ini kepada saya,” tutur pelatih asal Argentina itu.

Namun, Poche akan berusaha agar target papan atas dan meraih trofi domestik bisa diraih pada musim ini. Kebetulan, konfidensi Spurs sedang tinggi-tingginya. Ini seiring kemenangan telak 7-0 atas Tranmere Rovers di putaran ketiga Piala FA (4/1) lalu. Fernando Llorente jadi hero dengan hat-trick-nya.

Tottenham Hotspur menjamu Chelsea di leg pertama semifinal Piala Liga, Rabu dini hari nanti. Empat hari kemudian kedatangan MU dalam lanjutan Premier League.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News