Tour de Mandeh Ikuti Jejak Sukses Tour de Singkarak

Tour de Mandeh Ikuti Jejak Sukses Tour de Singkarak
Tour de Mandeh (TdM). Foto: Padang Ekspres/JPG

jpnn.com - PAINAN – Tour de Mandeh (TdM) yang digelar pada Minggu (20/12) mampu menyedot ratusan wisatawan dari dalam dan luar Sumbar. Hal itu terlihat di sejumlah pulau yang ada di kawasan Mandeh.

Iven TdM direncanakan akan menjadi pendamping dan pendukung iven Tour de Singkarak ( TdS). "Pemkab menyambut baik dan mendukung untuk perkembangan Mandeh yang lebih baik," ujar Sekkab Pessel Erizon kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group) di sela-sela kegiatan TdM.

Ia menyebutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang luarbiasa. Sebab, kegiatan yang digagas pengiat pariwisata tersebut mampu melahirkan kegiatan yang membuat daya tarik  Mandeh semakin dikenal dan dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Pembina Komunitas Sepeda Sumbar James Halliward mengungkapkan, kegiatan TdM akan menjadi kegiatan pendamping dan pendukung kegiatan Tour de Singkarak (TdS). Dia berharap, kegiatan ini, bukan hanya sekedar iven saja, namun ada kelanjutannya.

Mantan Bupati Pessel Nasrul Abit menyebutkan, dukungan terhadap iven ini, hendaknya diikuti kelengkapan sarana dan prasana. Sehingga masyarakat yang berada di kawasan Mandeh mendapatkan dampak dan manfaat dari digelarnya iven dan berkembangnya kawasan Mandeh.

"Masyarakat harus juga ikut mendukung program pemerintah tersebut salah satunya membantu pemerintah dalah hal pembebasan lahan untuk pembangunan berbagai sarana dan prasarana," ujarnya.

Sementara itu salah seorang inisiator TdM Andrinof A Chaniago menyebutkan, ke depan kegiatan ini harus menjadi agenda rutin atau tahunan. “Kegiatan TdM harus masuk kelender pariwisata Kementrian Pariwisata," ujarnya

Seperti diketahui TdM perpaduan kegiatan ajang sepeda gunung dan festival seni budaya, kuliner dan kerajinan, keterampilan khas masyarakat kawasan Mandeh. Diperkirakan, 300 peserta berasal dari komunitas- komunitas sepeda. Baik dari Sumbar ataupun luar ambil bagian pada kegiatan ini.

PAINAN – Tour de Mandeh (TdM) yang digelar pada Minggu (20/12) mampu menyedot ratusan wisatawan dari dalam dan luar Sumbar. Hal itu terlihat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News