Toyota dan Panasonic Bersinergi Buat Baterai Mobil Listrik Kapasitas Tinggi

Toyota dan Panasonic Bersinergi Buat Baterai Mobil Listrik Kapasitas Tinggi
Ilustrasi Toyota Prius Hybrid. Foto: Toyota

jpnn.com - Toyota Motor Corporation dan Panasonic bersiap mendirikan perusahaan patungan yang bertujuan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik.

Melansir Nikkei Asian Review, Senin (21/1), kerja sama itu dilakukan agar mereka dapat bersaing secara efektif dengan produsen baterai dari Cina.

Toyota akan memegang saham sebanyak 51 persen, sisanya milik Panasonic. Di mana, Panasonic akan mengalihkan lima fasilitas produksi baterai otomotif di Jepang dan Cina ke perusahaan patungan tersebut.

Pada awal 2020, Toyota dan Panasonic akan meluncurkan baterai berkapasitas 50 kali lebih kuat dari baterai yang sekarang digunakan pada kendaraan hybrid saat ini. Tujuannya agar dapat menurunkan biaya produksi massal dengan volume yang lebih tinggi.

Pabrik tersebut juga akan memasok baterai ke Mazda Motor, mitra Toyota, anak perusahaan, Daihatsu Motor dan Subaru. Kemungkinan juga Honda.

Panasonic dan Toyota juga akan bekerja sama untuk mengembangkan baterai generasi mendatang. Suatu upaya yang membutuhkan investasi besar dan keahlian teknis yang signifikan.

Proyek ini akan mencakup pengembangan baterai lithium solid-state, yang memiliki kapasitas tinggi untuk meningkatkan jangkauan mobil listrik.

Walaupun Toyota telah menjadi pemimpin dalam hal efisiensi bahan bakar minyak, terutama berkat kendaraan hybridnya, kini mereka tertinggal di belakang Volkswagen dan rival Cina dalam membawa mobil listrik ke pasar.

Toyota Motor Corporation dan Panasonic bersiap mendirikan perusahaan patungan yang bertujuan untuk memproduksi baterai kendaraan listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News