Toyota Kembangkan Konsep Interior Mobil Otonom Canggih

Toyota Kembangkan Konsep Interior Mobil Otonom Canggih
Konsep kabin mobil otonom Toyota, ACES. Foto: Toyota

jpnn.com - Toyota Boshoku, anak perusahaan dari Toyota Motors Corporation akan memanfaatkan Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang ada di dua konsep interior mobil otonom mereka.

Konsep pertama disebut ACES (Active Comfort Engaging Space), dirancang untuk digunakan pada kendaraan yang mengadopsi teknologi pengemudi otonom Level 4.

Karena konsep itu tidak dirancang untuk kendaraan otonom sepenuhnya, maka di dalam kabin masih dilengkapi setir, meski bentuknya juga tidak bulat tapi mirip kemudi pesawat.

Jika diperhatikan, sepertinya konsol itu memiliki cluster instrumen yang segala informasinya diproyeksikan di atas dasbor. Juga terlihat sistem infotainment yang masih tradisional, kemudian terdapat kamera video untuk memantau sekeliling kendaraan dan dua pengendali untuk jok depan.

Toyota tidak banyak cerita soal sistem kendali yang seolah melayang itu, tapi kabin memiliki "sistem deteksi fisik, dan postur pengemudi maupun penumpang" dengan menggunakan kamera sensor jok untuk mendeteksi posisi mata, ukuran dan postur pengendara di depan. Termasuk jok dan seatbelt juga bisa secara otomatis menyesuaikan agar pengemudi dan penumpang lebih nyaman. Demikian lansir Carscoops, Sabtu (29/12).

Berbicara soal kenyamanan, konsep kabin canggih Toyota itu dilengkapi sistem pendingin udara personal yang memonitor suhu di sekitar setiap masing-masing penumpang di depan.

Toyota Kembangkan Konsep Interior Mobil Otonom Canggih
Konsep kabin mobil otonom Toyota, Moxx. Foto: Toyota

Layaknya sejumlah konsep baru, ACES memiliki sistem pemantau emosi, yang dapat mengetahui suasana hati. Esensinya, konsep itu dapat menyesuaikan sistem pencahayaan ambient dan mengeluarkan wewangian guna membantu memberikan efek tenang ketika penumpang merasa stres.

oyota Boshoku akan memanfaatkan Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, memperkenalkan teknologi terbaru di dua konsep interior mobil otonom.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News