TPK KOJA Layani Kapal Terbesar Berkapasitas 4.253 TEUs

TPK KOJA Layani Kapal Terbesar Berkapasitas 4.253 TEUs
Terminal Petikemas (TPK) KOJA Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta melayani kapal terbesarnya dengan kapasitas 4.253 twenty foot equivalent units milik Ocean Network Express (ONE) mulai 12 April 2019. Foto: TPK KOJA

jpnn.com, JAKARTA - Terminal Petikemas (TPK) KOJA Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta melayani kapal terbesarnya dengan kapasitas 4.253 twenty foot equivalent units milik Ocean Network Express (ONE) mulai 12 April 2019.

“Kehadiran servis baru di TPK KOJA menandakan kepercayaan pelanggan terhadap TPK KOJA yang selama ini melayani enam servis. Ini adalah momentum bagi TPK KOJA dalam mendukung Pelabuhan Tanjung Priok untuk melayani pelayaran internasional,” kata General Manager (GM) TPK KOJA Ade Hartono di Jakarta, Minggu (14/4).

Kapal MV Navious Verde akan melayani pelayaran rute Singapura (SIN) - Jakarta (JKT) – Thailand (LCH) – Singapura dengan rencana bongkar muat 3.500 boxes per minggu.

Kapal MV Navious Verde ini memiliki bobot 40.000 gross tonne, panjang LOA 260 m, dan lebar 32 meter. Dengan menggunakan tiga quay crane, kapal ini memiliki tingkat rata-rata gross cane rate (GCR) sebanyak 32.2 pemindahan peti kemas per jam dengan vessel operating rate (VOR) 85.9 pemindahan peti kemas per jam.

Ade menambahkan, pihaknya berterima kasih untuk kepercayaan perusahaan pelayaran internasional yang memilih TPK KOJA sebagai tempat berlabuh.

"Kesempatan ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus memberikan pelayanan yang optimal melalui peningkatkan sistem, digitalisasi dan SDM KOJA yang handal,” tutur Ade.

Ade menambahkan, kehadiran kapal besar di TPK KOJA juga tak lepas dari peranan pemilik, yakni PT Pelindo II atau IPC dan Hutchison Port Indonesia.

“Kami berharap keberadaan kapal besar ini dapat dimanfaatkan pelaku usaha, khususnya eksportir dan importir nasional untuk mengoptimalkan peluang bisnis global,” ucap Ade.

Melalui optimalisasi program dan sinergi dengan mitra bisnisnya, volume bongkar muat TPK KOJA saat ini telah mencapai lebih dari saty juta TEUs per tahun.

Angka itu meningkat dari sebelumnya 889.034 TEUs. TPK KOJA juga mampu melayani dua kapal sekaligus dengan panjang kapal (LOA) 300 meter.

TPK KOJA melayani kapal-kapal dengan tujuan Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Hong Kong, Korea, Jepang, dan Australia.

Sejak awal operasi, TPK Koja fokus layanannya berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Terakreditasi dengan standar kualitas ISO-9001: 2008 yang disertifikasi oleh PT Lloyd's Register Indonesia (Manajemen Mutu UKAS), TPK KOJA memberikan layanan penanganan kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, 24 jam sehari, sepanjang hari.

TPK KOJA mengelola lahan penumpukan petikemas seluas 21,80 hektare di Pelabuhan Tanjung Priok dengan kapasitas statis impor CY 9.828 TEUs, kapasitas statis ekspor CY 9.072 TEUs dan kapasitas Reefer CY 310 Plugs.

TPK KOJA memiliki tujuh unit Quay Cranes yang dapat melayani dua Super Post Panamax, dua Post Panamax, dan tiga Panamax. (jos/jpnn)


Terminal Petikemas (TPK) KOJA Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta melayani kapal terbesarnya dengan kapasitas 4.253 twenty foot equivalent units milik Ocean Network Express (ONE) mulai 12 April 2019.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News