Transaksi di Penas XV Petani dan Nelayan Mencapai Rp 16 Miliar

Transaksi di Penas XV Petani dan Nelayan Mencapai Rp 16 Miliar
Gubernur Aceh Zaini Abdullah bersama Sekjen Kementan Hari Priyono menyerahkan hadiah kepada sejumlah daerah terbaik di sektor pertanian saat penutupan Penas XV, Kamis (11/5). Foto: M Fathra/JPNN.com

jpnn.com, ACEH JAYA - Pekan Nasional (Penas) XV Petani dan Nelayan di Aceh Besar yang resmi ditutup Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Kamis (11/5), tidak hanya sukses dari segi pertukaran informasi teknologi pertanian.

Dalam laporan Ketua Umum KTNA Nasional sekaligus Ketua Panitia Penas XV Winarno Tohir, acara tiga tahun sekali ini juga sukses dalam meningkatkan perekonomian petani dan masyarakat. Itu ditandai dengan besarnya perputaran uang di arena Penas.

"Selain pertukaran teknologi, hasil yang diperoleh pada Penas Aceh, telah terjadi transaksi pasar lelang komoditas di antaranya jambu biji, kopi gayo, bawang merah, hingga jagung mencapai Rp 16,1 miliar," ujar Winarto saat penutupan Penas XV di Stadion Harapan Bangsa.

Hitungan itu belum termasuk perputaran uang do sektor UMKM yang turut meramaikan arena Penas XV, serta peredaran uang di bidang perhotelan dan souvenir. Sebab, acara itu dihadiri sekitar 35 ribu peserta dari seluruh Indonesia.

Penutupan acara itu dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono, Ketua Umum KTNA Nasional Winarno Tohir, Wakil Gubernur Sumatra Barat dan Wagub Sumatra Selatan serta ribuan peserta se-Nusantara.

Winarno juga mengatakan pelaksanaan gelar teknologi di arena Penas sangat baik diterapkan petani di seluruh Indonesia, khususnya Aceh.

Scara khusus, KTNA Nasional mengucapkan apresiasi atas kontribusi Kementerian Pertanian terhadap Penas XV. Termasuk memberikan doorprice berupa alat mesin pertanian dan benih kepada peserta Penas.

Pantauan JPNn saat penutupan acara itu, ada 10 kabupaten dan kota yang mendapat doorprice berupa traktor roda dua.(fat/jpnn)


Pekan Nasional (Penas) XV Petani dan Nelayan di Aceh Besar yang resmi ditutup Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Kamis (11/5), tidak hanya sukses dari


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News