Transformasi Dunia Usaha, Jadi Solusi Hadapi Krisis

Transformasi Dunia Usaha, Jadi Solusi Hadapi Krisis
Rhenald Kasali. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar manajemen bisnis Universitas Indonesia Profesor Rhenal Kasali melihat saat ini berbagai dunia usaha sudah melakukan transformasi. Transformasi tersebut sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo dan merupakan solusi agar bisa bertahan saat menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19.

Salah satunya, transformasi yang dilakukan PT Gunung Raja Paksi Tbk.

Rhenald setuju bahwa transformasi produsen baja nasional tersebut sangat krusial dan membuat perusahaan menjadi lebih sustain.

Bukan hanya ketika perusahaan tersebut memutuskan untuk dikelola lebih profesional, setelah sekitar 50 tahun menjadi perusahaan keluarga.

Tetapi, juga saat PT GRP dikelola lebih transparan dan akuntabel setelah initial public offering (IPO) pada September 2019, serta transformasi digital setelah menggandeng IBM dan SAP Indonesia.

“Dikelola secara profesional akan membuat perusahaan lebih sustain dan lebih berjangka panjang. Ini berbeda jika perusahaan dikelola secara keluarga, karena emosi sumberdaya yang terbatas. Dan yang pasti, transformasi perusahaan baja tersebut juga sejalan dengan pesan Presiden untuk keluar dari krisis,” jelas Rhenald.

Sebagai informasi, PT GRP Tbk saat ini tengah gencar melakukan transformasi. Transformasi dilakukan, untuk mempertahankan posisi PT GRP Tbk sebagai produsen baja kelas dunia dan sebagai yang terdepan di industri ini.

Anak perusahaan Gunung Steel Group tersebut, saat ini mempunyai kapasitas produksi sebesar 2,8 juta ton baja per tahun atau sekitar 12 persen dari kapasitas produksi baja nasional.(chi/jpnn)

Transformasi dunia usaha merupakan solusi agar bisa bertahan saat menghadapi krisis akibat pandemi COVID-19.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News