Transformasi Kesehatan Indonesia, Selamatkan Ribuan Anak Stunting dan Ibu Hamil

Transformasi Kesehatan Indonesia, Selamatkan Ribuan Anak Stunting dan Ibu Hamil
Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2023 tentang Transformasi Kesehatan Pusat dan Daerah. Foto: dok Kemkes

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Kesehatan terus berupaya menjalankan berbagai inovasi dalam melayani masyarakat. Berbagai langkah itu merupakan bagian dari upaya Kemkes untuk mencapai cita-cita bangsa berupa kemajuan tranformasi dunia kesehatan Indonesia.

Transformasi dunia kesehatan Indonesia tidak bisa hanya diperjuangkan Kemkes sendiri. Semua pihak termasuk masyarakat turut ambil bagian di dalam perjuangan tersebut.

Saat ini, transformasi dunia kesehatan yang terlihat paling jelas dan nyata ialah dengan hadirnya teknologi digital dalam pelayanan untuk masyarakat.

Selain kerja sama terintegrasi pemerintah dengan pihak swasta, transformasi dunia kesehatan Indonesia juga dijalankan dan memberi dampak nyata lewat program SATUSEHAT oleh Kemkes.

SATUSEHAT merupakan platform integrasi data kesehatan individu antar fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Melalui platform tersebut, Kemkes melakukan standarisasi dan pemenuhan data lengkap untuk mewujudkan penerapan rekam medis elektronik (RME) di seluruh faskes.

Menkes RI Budi G. Sadikin dalam pernyataannya beberapa waktu lalu menyatakan harapannya agar semua pihak bersama mendukung transformasi dunia kesehatan Indonesia.

Dia berharap bisa memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat dari waktu ke waktu melalui transformasi yang teratur dan terintegrasi dengan baik di semua wilayah.

Kemkes telah menetapkan enam pilar dalam menjalankan transformasi kesehatan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News