Transisi Pemerintahan, Taufan Rahmadi Singgung soal Prioritas Pariwisata Indonesia

Transisi Pemerintahan, Taufan Rahmadi Singgung soal Prioritas Pariwisata Indonesia
Taufan Rahmadi. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Tim Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Taufan Rahmadi mengatakan, di dalam beragam kesempatan Prabowo Subianto atau Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih, telah menyampaikan komitmen melanjutkan dan menyempurnakan program-program strategis Presiden Jokowi.

"Oleh karena itu di masa transisi pemerintahan, memerlukan langkah-langkah strategis untuk menjaga stabilitas dan kelancaran kebijakan pemerintah. Ada beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan," kata Taufan Rahmadi, Selasa (23/4).

Taufan mengatakan, langkah tersebut antara lain koordinasi antara tim transisi, akselerasi kebijakan, konsolidasi kelembagaan, dan komunikasi publik yang efektif.

Kemudian langkah berikutnya dilakukan upaya stabilitas ekonomi, penguatan diplomasi, reformasi struktural, dan kontinuitas layanan publik.

"Harus dibentuk tim transisi yang terdiri dari anggota-anggota dari kedua pihak untuk memastikan transfer kekuasaan yang lancar dan efisien," kata Taufan.

Kedua pihak (tim pemerintah dengan tim pemerintah baru) harus melakukan langkah percepatan dari kebijakan-kebijakan yang ada untuk menentukan keberlanjutan, sinkronisasi kebijakan yang diperlukan sesuai dengan visi dan misi pemerintahan baru.

"Sedangkan konsolidasi kelembagaan untuk emastikan integritas dan kinerja lembaga-lembaga pemerintah dengan melakukan evaluasi dan penyesuaian yang diperlukan," ujar pakar strategi pariwisata nasional ini.

Taufan, yang meraih penghargaan Tourism Inspirational Figure 2022 itu menuturkan, pemerintahan berikutnya harus bisa menciptakan komunikasi publik yang efektif.

Dalam masa transisi pemerintahan Jokowi kepada Prabowo, diperlukan langkah strategis menjaga keberlanjutan program prioritas pariwisata Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News