Transportasi Darat Jamaah Haji Masih Mencemaskan

Pemerintah Tagih Komitmen Saudi Perbaiki Kualitas Armada Bus

Transportasi Darat Jamaah Haji Masih Mencemaskan
Transportasi Darat Jamaah Haji Masih Mencemaskan
JAKARTA - Sebentar lagi puncak ibadah haji tiba. Pemerintah Indonesia menagih janji pemerintah Arab Saudi untuk memperbaiki kualitas angkutan antarkota. Pemerintah berharap tidak ada lagi kasus angkutan macet karena banyak armada bus yang mogok seperti tahun lalu.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Bahrul Hayat di Jakarta kemarin (7/10) menuturkan memang benar jika pemerintah Arab Saudi sudah menyatakan komitmennya untuk memperbaiki angkutan haji. "Sampai sekarang, masih ada sedikit gangguan dalam angkutan haji antarkota," kata dia.

Gangguan angkutan haji antarkota yang menghubungkan Madinah, Jeddah, Makkah, Arafah, dan Mina yang sudah muncul diantaranya adalah banyak barang jamaah yang tidak terangkut karena armada bus kecil. Karena masuk kategori darurat, panitia haji Indonesia langsung mencarter bus tambahan khusus untuk mengangkut sekitar 400 koper jamaah.

Selain itu, kelemahan trasportasi darat berupa jadwal keberangkatan yang terlambat, Sampai antrean armada yang cukup lama. Semua kelemahan ini masih tidak terlalu mengganggu mobilitas jamaah, karena masih belum masuk puncak pelaksanaan ibadah haji.

JAKARTA - Sebentar lagi puncak ibadah haji tiba. Pemerintah Indonesia menagih janji pemerintah Arab Saudi untuk memperbaiki kualitas angkutan antarkota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News