Tren Elektabilitas Prabowo-Anies Kompak Turun, Ganjar Melesat Naik

Tren Elektabilitas Prabowo-Anies Kompak Turun, Ganjar Melesat Naik
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk tiga besar tokoh dengan elektabilitas tertinggi.

Namun, tren elektabilitas Prabowo dan Anies mengalami tren penurunan dari waktu ke waktu. Di sisi lain, elektabilitas Ganjar mulai merangkak naik.

Hal itu diketahui setelah Charta Politika Indonesia mengeluarkan survei nasional dengan judul "Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi, dan Hukum Pada Masa Pandemi COVID-19".

Mengacu survei Charta Politika pada Juli 2020, Prabowo mengantongi elektabilitas sebesar 17,5. Angka itu menjadi yang tertinggi dibandingkan tokoh politik lain.

Namun, elektabilitas Prabowo itu terus menurun dibandingkan survei Charta Politika pada Juni dan Mei 2020. Survei Juni mencatat elektabilitas Prabowo 20,0 persen dan Mei sebesar 22,0 persen.

"Sebetulnya Pak Prabowo nomor satu, tetapi trennya terus turun," Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam paparan survei secara virtual, Rabu (22/7).

Tren menurunnya elektabilitas juga dialami oleh Anies Baswedan. Survei Charta Politika pada Juli 2020 menyatakan bahwa elektabilitas Anies 15,9 persen atau tertinggi ketiga dibandingkan tokoh lain.

Sementara itu, elektabilitas Anies berdasarkan survei Charta Politika pada Juni sebesar 16,8 persen dan Mei tercatat 18,3 persen.

Tren elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan menurun dibanding Ganjar Pranowo menurut survei Charta Politika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News