Trending, Dataran Tinggi Dieng Kembali Diselimuti Butiran Es

Trending, Dataran Tinggi Dieng Kembali Diselimuti Butiran Es
Dieng terdiri dari dua atau lebih gunung berapi serta banyak kawah dan puncak kecil lainnya. Foto: wikipedia

jpnn.com, JAKARTA - Fenomena alam berupa embun beku berbentuk butiran es kembali terjadi di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Hal itu diketahui dari unggahan akun @Jateng_Twit dan menjadi trending topik pagi ini, Minggu (26/7).

Dalam unggahan tersebut juga disertakan sejumlah foto karya Aryadi Darwanto, yang memperlihatkan dedaunan dan rumput di dataran tinggi Dieng, diselimuti butiran es.

"Seperti ini suhu di Dataran Tinggi Dieng lur. Ademnya keterlaluan enggak sih, sampai menjadi es, tinggal kasih sirup seger nih. Foto : Aryadi Darwanto," tulis postingan @Jateng_Twit beberapa saat lalu.

Fenomena ini pernah dijelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada 25 Juni 2020 lalu di laman resmi lembaga itu.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono R Prabowo, kondisi suhu dingin yang menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di wilayah dataran tinggi Dieng dalam beberapa waktu belakangan ini merupakan hal yang normal.

"Beberapa hari terakhir suhu udara di sebagian wilayah Indonesia selatan ekuator, khususnya di wilayah Jawa hingga Nusa Tenggara, cukup dingin dan mengalami penurunan signifikan pada malam hari," ucap Mulyono.

Secara umum, kondisi suhu dingin ini terjadi sebagai akibat dari adanya aliran massa udara dingin dan kering dari wilayah benua Australia yang dikenal dengan aliran monsun dingin Australia.

Fenomena butiran es di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, menarik perhatian netizen hingga unggahan salah satu akun Twitter itu masuk jajaran trending topik pada Minggu pagi ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News