Triathlon Iron Man 70.3 Bakal Hebohkan Bintan Lagi

Triathlon Iron Man 70.3 Bakal Hebohkan Bintan Lagi
Para peserta Iron Man Bintan tahun lalu. Foto: ironmanbintan.com

jpnn.com - BINTAN - Iron Man biasanya identik dengan Tony Stark, sosok superhero ciptaan Marvel dan hanya ada di dunia film. Tapi di dunia nyata, Iron Man ini justru dijadikan ajang lomba ketahanan tubuh. 

Di 2016 ini, Kejuaraan Dunia Ironman Triathlon memilih Pulau Bintan di Kepulauan Riau, Indonesia, sebagai tuan rumah kualifikasi kawasan Asia Pasifik.

Ya, Ironman ini sejatinya merupakan ajang olahraga manusia super. Lombanya dianggap "gila" karena membutuhkan ketahanan fisik yang luar biasa. Ada renang di perairan lepas yang harus diarungi. Belum lagi puluhan kilometer bersepeda, dan lari marathon yang harus diterabas puluhan kilometer. Meski dianggap “gila”, peminatnya sangat banyak. Asia, Afrika, Amerika, Eropa hingga benua Australia, pasti punya perwakilan.

Di Bintan, even kualifikasi kejuaraan dunia tadi diberi tajuk Ironman 70.3. Evennya akan digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, pada 28 Agustus 20016. Para atlet Ironman 70.3 akan memulai lomba dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah. 

Setelah itu, para peserta akan diajak bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km). Ujian daya tahan tubuh itu kemudian akan diakhiri dengan lomba lari yang akan melahap 3 lap  sepanjang  21 km.

Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon Ironman 70.3 bersama penyelenggara acara MetaSport ini semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism  kelas dunia. Banyak even olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini akan mendongkrak pariwisata great Batam/Bintan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang diwakili Asdep Pengembangan Pemasaran Mancanegara Wilayah Eropa, Timteng, Afrika, Amerika, Nia Niscaya menyambut positif event sport tourism itu. Agenda yang akan diikuti sekitar 1.000 peserta dari mancanegara itu cukup berdampak pada kunjungan wisman ke tanah air. 

Prediksinya, bakal direct impact pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 12 juta wisman. Dan 2,5 juta wisman di antaranya akan masuk melalui great Batam/Bintan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News