Triawati Octavia, Peraih Nilai Unas SMA Tertinggi Se-Indonesia

Tak Pernah Juara Kelas, Prestasi Tertinggi Peringkat Ke-15

Triawati Octavia, Peraih Nilai Unas SMA Tertinggi Se-Indonesia
Triawati Octavia bersama kedua orang tuanya. Foto : Radar Kuningan/JPNN
Prestasi akademiknya di SMAN 2 Kuningan, Jabar tergolong biasa saja. Bahkan, Triawati Octavia belum pernah juara kelas. Prestasi tertingginya adalah menembus 15 besar di kelas. Namun, saat hasil ujian nasional (unas) SMA diumumkan kemarin, dia berhasil menempati peringkat pertama nasional. Bagaimana keseharian Triawati?


Deden Rijalul Umam, Kuningan

TAK ada yang menyangka bahwa Triawati Octavia, siswa kelas XII IPA 5 SMAN 2 Kuningan akan menjadi peraih nilai tertinggi unas se-Indonesia. Begitu juga halnya dengan Tria ‚sapaan akrab Triawati. Remaja yang tak suka menonton TV itu mengatakan sama sekali tidak pernah berpikir bisa meraih hasil unas sedemikian fenomenal. Hasil unas yang di luar dugaannya itu membuat namanya mendadak terkenal di seantero Kuningan, bahkan nasional.

Sepintas tidak ada yang istimewa dari diri Triawati. Jika dibandingkan dengan rekan-rekannya yang selalu juara kelas, prestasi Tria tak ada apa-apanya. Pihak sekolah sendiri menganggap prestasi akademik Tria biasa-biasa saja seperti kebanyakan siswa yang lain. Malah, tak pernah sekali pun Tria menembus posisi tiga besar di kelasnya. Tak mengherankan jika pihak sekolah juga nyaris tidak percaya bahwa Tria bisa meraih hasil unas tertinggi se-Indonesia.

Mencari rumah Tria tak terlalu sulit. Letaknya di pinggir jalan raya Kuningan–Cikijing. Tria tinggal di RT 05, RW 02, Dusun Cinangsi, Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kuningan. Dari pusat kota hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Rumah remaja berlesung pipit itu cukup sederhana.

Prestasi akademiknya di SMAN 2 Kuningan, Jabar tergolong biasa saja. Bahkan, Triawati Octavia belum pernah juara kelas. Prestasi tertingginya adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News