Triwulan I 2019, PLN Cetak Laba 4,2 Triliun

Triwulan I 2019, PLN Cetak Laba 4,2 Triliun
SP PLN. ILUSTRASI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - PT PLN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp4,2 triliun pada triwulan I 2019. Perolehan laba bersih ini merupakan hasil dari berbagai upaya perseroan seperti pertumbuhan penjualan, peningkatan kinerja operasi dan keuangan, serta efisiensi operasi.

Plt. Direktur Utama PLN Djoko R. Abumanan menjelaskan pada triwulan I 2019, perseroan mencapai realisasi kinerja yang lebih baik dibanding triwulan I tahun sebelumnya. 

Hal ini tercermin dari penjualan tenaga listrik yang meningkat sebesar Rp3.8 triliun atau 6.11 persen, peningkatan ini ditopang oleh pertumbuhan pelanggan yang naik sebesar 3,8 juta pelanggan dengan daya terjual sebesar 3,04 Terra Watt hour (TWh) dari periode yang sama tahun lalu. 

"Kenaikan konsumsi listrik ini didominasi oleh pertumbuhan pelanggan sektor bisnis yaitu sebesar 6,76 persen atau 10.613 GWh (Giga Watt Hour)," ujar Djoko.

Selain pertumbuhan penjualan dan pelanggan, PLN juga berhasil meningkatkan kinerja operasi melalui penurunan biaya sewa pembangkit.

BACA JUGA: KPK Jerat Dirut PLN dengan Kasus Suap PLTU Riau-1

Dengan beroperasinya Gardu Induk (GI) khususnya di daerah Sumatera dan Kalimantan, PLN berhasil menghemat Rp667 miliar dari efisiensi biaya sewa pembangkit. 

Selain dari biaya sewa, volume pemakaian BBM untuk pembangkit pun turun sebesar 98 ribu Kilo Liter (KL) dibandingkan pemakaian pada April 2018, harga rata-rata pun mengalami penurunan dari Rp. 11.058/liter menjadi Rp8.835/liter pada Triwulan I 2019.

PLN terus melakukan efisiensi pada komponen biaya operasi yang berada dalam kendali perusahaan, sehingga kondisi keuangan tetap terjaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News