Triwulan I 2023, Laba Bersih PT Rukun Raharja Naik Capai Sebegini

Triwulan I 2023, Laba Bersih PT Rukun Raharja Naik Capai Sebegini
Laba bersih naik. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan Migas terkemuka, PT Rukun Raharja, Tbk (RAJA) membukukan laba bersih USD5.7Juta, lebih besar secara signifikan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu USD2.3Juta, atau naik lebih 148% secara year on year (yoy).

Direktur Utama Rukun Raharja, Djauhar Maulidi menjelaskan pendapatan bersih perseroan mengalami kenaikan sebesar 34%, di mana pada periode yang sama di tahun sebelumnya perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar USD 27.6Juta.

Sedangkan tahun ini pendapatan bersih perseroan sebesar USD37Juta.

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan ini, di antaranya adalah kenaikan penjualan gas, kenaikan tolling fee baik dari pipa gas Perseroan yang tersebar di beberapa kota di Indonesia dan pipa minyak mentah Rokan yang sudah full stream sehingga sudah dapat memberikan kontribusi pada triwulan pertama 2023 ini," jelas Djauhar.

Selain dari eksisting bisnis, kenaikan pendapatan ini juga merupakan kontribusi dari bisnis baru perseroan yaitu oil and gas services.

Laba bersih pada 2023 ini menempati angka paling tinggi jika dibandingkan dengan laba bersih dalam periode yang sama pada tiga tahun terakhir ini.

"Kenaikan ini bukan hanya dipengaruhi oleh penjualan bersih yang meningkat namun ada beberapa hal lainnya yaitu adanya penurunan biaya GA Expenses Perseroan, serta kontribusi dari investasi pada hulu migas yang cukup tinggi dampak dari harga minyak mentah dunia yang cukup tinggi di triwulan pertama tahun 2023 ini," imbuh Direktur Keuangan, Oka Lesmana.(chi/jpnn)

Perusahaan Migas terkemuka, PT Rukun Raharja, Tbk (RAJA) merilis laporan keuangan triwulan pertama 2023.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News