Triwulan III 2023, Saraswanti Anugerah Makmur Raih Laba Rp 356 Miliar

Triwulan III 2023, Saraswanti Anugerah Makmur Raih Laba Rp 356 Miliar
PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (Saraswanti). Foto dok Saraswanti

jpnn.com, JAKARTA - Emiten pupuk PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) menorehkan kinerja moncer pada Triwulan III/2023, dengan mencatatkan kenaikan penjualan dan laba tahun berjalan.

Laba tahun berjalan emiten tersebut melambung menjadi Rp 355,98 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 228,42 miliar, atau naik sebesar 55,84%.

Penguatan laba tahun berjalan seiring dengan meningkatnya penjualan menjadi Rp 3,82 triliun pada Triwulan III tahun ini, naik 56,10% dari sebelumnya Rp 2,44 triliun pada periode yang berakhir 30 September 2022.

Direktur Utama SAMF, Yahya Taufik menjelaskan faktor utama penopang keberhasilan kinerja perseroan di antaranya masih tingginya permintaan pasar untuk pupuk NPK, khususnya dari kalangan perkebunan sawit, karet dan kakao.

Terkait kendala bahan baku, Yahya mengatakan sejauh ini sudah tidak ada masalah.

Dia menambahkan, pasokan bahan baku cukup lancar dan harga bahan baku juga sudah lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

Di sisi lain, perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi pupuk NPK ini mencatatkan aset sebesar Rp 2,88 triliun dengan liabilitas Rp 1,56 triliun, serta ekuitas sebesar Rp 1,31 triliun.

“Pencapaian pada Triwulan III/2023 telah menunjukkan perkembangan yang positif untuk mencapai target Full Year 2023, mengingat momentum pemulihan ekonomi yang semakin membaik dan masih tingginya permintaan pupuk dari existing maupun new customer," tutur Yahya.

Emiten pupuk PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (SAMF) menorehkan kinerja moncer pada Triwulan III/2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News