Trofi Juara di Depan Mata

Langsung Fokus Hadapi Malaysia

Trofi Juara di Depan Mata
Selebrasi Christian Gonzales (kanan) usai menjebol gawang Filipina di semifinal AFF Suzuki CUP 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 19 Desember 2010. FOTO : HENDRA EKA/JAWA POS
JAKARTA - Sejarah ada di depan mata. Itu setelah Indonesia berpeluang besar meraih gelar Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) untuk kali pertama sejak digulirkan pada 1996. Pasukan Merah Putih, julukan timnas Indonesia, memastikan tiket final setelah di leg kedua menundukkan Filipina dengan skor 1-0 (1-0) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tadi malam (19/12). Gol semata wayang Indonesia dicetak Christian Gonzalez pada menit ke-42.

Gol ini lahir dengan indah dan berkelas. Dikerubuti tiga peman belakang lawan, pertandingan memasuki menit ke-42 pemain naturalisasi itu asal Uruguay berhasil melakukan shoting keras dengan kaki kiri dari luar kotak penalty dan tidak mampu dijangkau kiper Neil Etheridge.

Pada pertemuan pertama lalu (16/12), pemain asal Persib Bandung tersebut juga jadi pahlawan Pasukan Garuda, julukan lain timnas Indonesia, melalui gol tunggalnya. Dengan kemenangan ini tim besutan Alfred Riedl lolos dengan agregat 2-0. Ini adalah final keempat bagi Indonesia di Piala AFF setelah edisi 2000, 2002, dan 2004. Pada 2000 dan 2002, Indonesia gagal juara setelah di partai puncak ditaklukkan Thailand.

Pada 2004 giliran Singapura yang menjegal Indonesia untuk menjadi juara. Di babak puncak yang akan dihelat dengan sistem home dan away pada 26 dan 29 Desember mendatang, Indonesia sudah ditunggu Malaysia yang terlebih dulu lolos dengan menyingkirkan juara bertahan, Vietnam. Malaysia lolos "dengan agregat 2-0. Indonesia akan melakoni laga away dulu pada 26 Desember di Stadion Bukit Jalil.

JAKARTA - Sejarah ada di depan mata. Itu setelah Indonesia berpeluang besar meraih gelar Piala AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) untuk kali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News